FeedBurner StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 26 October 2008, 14:22:58 GMT+7

Ban: Serba Serbi Ban



Serba serbi ban
1. Hati-hati bila Anda baru saja mengganti ban. Sebab lapisan pengawet karet di permukaan ban baru menyebabkan telapaknya lebih licin dan kurang mencengkeram. Biasanya traksi ban akan optimal, jika ketebalan ban mencapai 75-80%
2. Pengecekan tekanan angin ban sebaiknya dilakukan saat kondisi ban dingin. Misalnya di pagi hari sebelum ban beroperasi
3. Pentil pada ban tubeless memiliki umur pakai. Sebaiknya diganti setiap setahun sekali untuk mencegah ban kehilangan tekanan secara tiba-tiba akibat kerusakan katup udara ini.
4. Kemampuan ban menahan beban yang ditunjukkan oleh angka indeks beban (load indeks), baru dapat dicapai saat tekanan angin ban mencapai 35 psi. Berarti bila tekanan ban kurang dari angka tersebut, kemampuan ban menahan beban akan turut berkurang


Pilih profil tebal atau tipis?
TAK dipungkiri cukup banyak pemilik kendaraan yang mengganti pelek standarnya dengan diameter lebih besar. Aplikasi yang lazim dilakukan adalah memadukan pelek berdiameter besar dengan ban profil tipis. Atau memilih ban profil tebal untuk bergaya reli atau off-road.

Kedua jenis modifikasi itu, memiliki untung rugi. Unsur plusnya bagi pengguna ban profil tebal (sidewall tinggi), faktor kenyamanan bisa lebih baik. Buruknya, keakuratan spidometer berkurang dan pengendalian saat bermanuver di tikungan jadi terganggu. Kelemahan lainnya, penggunaan ban profil tebal juga bisa mengakibatkan ban mudah lepas dari bibir pelek. Untuk itu, disarankan menggunakan ban dalam agar saat bermanuver ban tidak kehilangan tekanan.

Kelebihan pemakaian ban profil tipis mulai aspec ratio 50 ke bawah adalah meningkatnya kestabilan namun kenyamanan otomatis berkurang. "Menghindari kerusakan ban profil tipis, tekanan harus lebih sering dicek. Salah-salah ban bisa rusak dan pelek penyok. Untuk memberi pressure yang cukup pada dinding ban, tekanan berkisar 35-40 psi," saran Yofi Darmawan, pemilik toko variasi Semanan Mobile Butique.

Dari faktor baik dan buruk itu, wajar bila produsen mobil telah menghitung profil ban yang sesuai dengan kemampuan sistem suspensi setiap mobil. Tujuannya jelas, faktor kenyamanan dan kestabilan saat berkendara bisa optimal.


Sumber:
Majalah AutoBild, Tanggal 22 Mei 4 Juni 2004 Edisi 28

Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Banner