FeedBurner StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 26 October 2008, 16:01:04 GMT+7

Blind Spot Penyebab Celaka




Sadarkah Anda saat melajukan mobil banyak sekali area yang tak bisa terlihat mata baik langsung maupun via spion? Dalam kamus mengemudi aman area tadi disebut blind spot alias titik buta dan terbukti jadi penyebab cukup signifikan dalam kecelakaan lalu lintas - terutama di daerah perkotaan yang padat.

"Secara natural, mata kita hanya mampu melihat jelas dalam rentang 180 derajat (lihat ilustrasi), ucap Agung Priyatna, instruktur Indonesia Defensive Driving Center. Itu pun dibantu dengan lirikan. Nah, untuk area di belakang, spion tengah dan sampinglah yang bertungsi membantu menambah ruang pandang. Walaupun kenyataannya, tidak semua sudut bisa terjangkau.

Penyebab blind spot bisa berasal dari faktor eksternal atau dari kendaraan itu sendiri. Faktor eksternal di antaranya kendaraan lain (terutama yang berukuran besar seperti van, bus atau truk), tikungan, tiang, pagar dan pohon atau semak-semak. Sedangkan pilar mobil, sandaran kepala, penumpang dan barang merupakan faktor internal penyebab blind spot.

Perlu juga diketahui, pandangan ke arah depan pun tak luput dari blind spot. Utamanya di akibatkan pilar A mobil. Apalagi beberapa merek mobil punya pilar A lumayan besar. Alhasil, dari area seputaran mobil, sekitar 25% menjadi blind spot. Padahal, di area itu sangat mungkin ada kendaraan lain yang berpotensi menabrak atau ditabrak kita. Dan Anda tak akan sadar sampai semuanya terlambat....

MOTOR
BEBERAPA rekaman video menggambarkan seringnya motor tertabrak mobil akibat berada di area blind spot. Kenyataannya sehari-hari, hal ini pun sering terjadi.

Menghindarinya tak ada jalan lain, kita harus mampu mengakali blind spot. Salah satu yang terpenting adalah penyetelan kaca spion sesuai pakem yang dianjurkan. Lengkapnya bisa dilihat pada ilustrasi. Di situ bisa terlihat, menyetel spion dengan bagian bodi belakang masih terlihat di kaca adalah salah. "Lebih baik keluarkan sedikit untuk memperluas jangkauan spion," timpal Hari Gahyono, instruktur IDDG.

Tapi meski penyetelan spion sudah sempurna, blind spot tetap ada. Nah, kini tinggal meminimalkannya lagi dengan cara menengok kiri atau kanan setiap beberapa saat. Sedikit saja sudah cukup, tak usah sampai memiringkan badan.

Begitu pula saat mundur, tak usah malu-malu mengeluarkan kepala dari jendela agar lebih leluasa melihat areal parkir.

Saat ini juga sudah banyak mobil yang mempunyai kaca spion bi-fokus. Biasanya spion bagian luar lebih cembung demi memperluas sudut pandang. Ini bagus, tapi perlu diperhatikan, jarak kendaraan di lensa cembung itu sebenarnya lebih dekat dari yang terlihat. Beberapa mobil ada yang dilengkapi peringatan: 'objects in the mirror are closer than appear'.

Tak kalah penting, kita pun mesti tahu area blind spot pengendara lain untuk menghindari kecelakaan. Cara paling mudah, lihatlah ke spionnya. Jika Anda tak bisa melihat mata si pengemudi, berarti Anda ada di area blind spot-nya. Kalau sudah begini, jangan ambil risiko menyalip sebelum pindah dulu ke area yang terlihat jelas.



1. Lakukan saat mobil berhenti
2. Arahkan spion di interior ke posisi paling tengah. Sehingga sudut pandang ke kiri dan kanan sama
3. Untuk spion samping, arahkan keluar sampai persis di batas bodi mobil. Ini akan memperluas pandangan ke samping kendaraan
4. Saat parkir mundur, arahkan spion kiri ke bawah, sehingga posisi ban terhadap trotoar atau pembatas terlihat. Di beberapa merek, langkah ini otomatis dilakukan si mobil
5. Jangan memakai mode malam unluk siang hari pada spion tengah
6. Saat jalan, biasakan 8-10 detik sekali mengecek keadaan sekitar lewat spion

Menghindari Blind Spot
1. Sebelum belok atau pindah jalur, sempatkan untuk menengok kiri atau kanan. Ini akan memperluas sudut pandang mata
2. Jangan menempel mobil di samping terlalu dekat. Anda bisa jadi ada di area blind spot pengemudi bersangkutan
3. Hindari berjalan terlalu dekat dengan mobil yang memiliki area blind spot besar, seperti truk, bus atau mobil boks
4. Saat di berhenti di lampu merah, sempatkan diri menengok kiri atau kanan. Penjahat biasanya mendatangi mobil mangsanya dari area blind spot.




Sumber:
Fitra Eri
Majalah AutoBild, Tanggal 3-16 Januari 2004 Edisi 18

Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Banner