FeedBurner StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 15 February 2017, 00:04:04 GMT+7

Tips Membandingkan Mobil Yang Akan Dibeli



Seiring perkembangan zaman, kebutuhan akan mobil semakin lama semakin meningkat. Tidak seperti pada zaman dahulu, mobil dianggap sebagai salah satu barang mewah dan hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu dan orang-orang kaya saja. Dalam membeli mobil, sering kita dihadapkan dengan beragam pilihan jenis mobil baru dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya.

Pada artikel ini, Penulis ingin membagikan beberapa aspek yang dapat membantu dalam memilih mobil yang kita idam-idamkan. Beberapa aspek yang dapat kita gunakan untuk membantu dalam pemilihan mobil adalah sebagai berikut:

1. Jumlah Silinder Mesin Mobil.
Saat ini terdapat berbagai macam pilihan mobil dengan aneka ragam jumlah silinder mesin yang digunakan, ada yang 2 silinder, 3 silinder, 4 silinder dan lain sebagainya. Pada umumnya semakin banyak jumlah silinder, maka tenaga mesin semakin meningkat serta hentakan pergerakan mesin (serta engine braking) juga semakin stabil (semakin halus). Sedangkan apabila jumlah silinder semakin sedikit, pada umumnya konsumsi bahan bakar semakin irit, akan tetapi hentakan pergerakan mesin (serta engine braking) akan semakin terasa.

Ada pendapat yang mengatakan, lebih baik memilih mobil yang menggunakan jumlah silinder genap, agar mesin tidak 'pincang'.

2. CC Mesin
Mirip dengan point 1 diatas, dimana pada umumnya semakin tinggi CC (Centimeter Cubic) suatu mobil, maka tenaga mesin semakin meningkat serta hentakan pergerakan mesin (serta engine braking) juga semakin stabil (semakin halus). Sedangkan apabila CC semakin kecil, pada umumnya konsumsi bahan bakar semakin irit, akan tetapi hentakan pergerakan mesin (serta engine braking) akan semakin terasa.

3. Takometer
Takometer atau Alat Penunjuk RPM adalah alat yang digunakan untuk mengukur kelajuan putaran cakera atau enjin di dalam motor atau mesin lain (sumber: Wikipedia). Dengan adanya Takometer ini, kita akan dapat mengetahui tingkat putaran mesin, sehingga membantu kita untuk menghindari putaran mesin yang terlalu tinggi. Apabila kita terlalu sering mengendari mobil dalam putaran mesin yang terlalu tinggi, maka pada umumnya mesin mobil akan cepat aus.

4. Side Lamp
Side Lamp atau lampu sign yang ada di sebelah kiri dan kanan mobil (pada umumnya di sisi samping depan mobil), akan sangat membantu mobil lain untuk mengetahui arah laju mobil kita. Sehingga akan sangat membantu dalam menghindari kecelakaan lalu lintas. Saat ini ada juga Side Lamp yang ditempatkan pada kaca spion kiri dan kanan mobil.

5. Brake Lamp di Bagian Belakang Atas
Brake Lamp atau Lampu Rem yang terdapat di bagian belakang mobil (di bagian atas) akan sangat berguna bagi mobil-mobil kecil, agar mobil-mobil yang lebih besar (terutama Bis dan Truk) yang ada di belakangnya dapat lebih mengetahui apabila mobil kita sedang mengerem.

6. Air Bag
Air Bag adalah suatu fitur di mobil yang berguna apabila mobil kita mengalami benturan yang sangat kencang, sehingga pengemudi terhindar dari benturan dengan obyek-obyek yang ada di depan (misalnya Setir ataupun dashboard mobil). Pada umumnya cara kerja Air Bag adalah ketika mobil kita mengalami benturan kencang, maka Air Bag yang tersimpan (misalkan di Setir atau di Dashboard mobil) akan secara otomatis terisi udara dan mengembang sehingga bagian tubuh kita (misal kepala) yang terhentak ke depan akan 'terjaga' oleh Air Bag yang mengembang tersebut.

7. MP3 Player
Dengan tersedianya perangkat MP3 Player di mobil kita, maka akan tersedia beraneka ragam lagu yang dapat kita dengarkan di mobil kita.

8. CD Changer
Apabila Anda lebih menyukai mendengarkan musik melalui media CD, maka alangkah baiknya apabila mobil mempunyai perangkat CD Changer, sehingga Anda dapat mendengarkan musik-musik yang berasal dari CD-CD dengan mudah.

9. USB Port
Bila Mobil yang Anda incar mempunyai fitur USB Port, maka Anda dapat menyimpan file-file musik (seperti .mp3) di USB serta memainkan musik-musik tersebut di Mobil Anda. Pada umumnya, Mobil yang mempunyai fitur USB Port, juga mempunyai fitur MP3 Player.

10. ABS
Fitur ABS (Anti Brake System) ini berguna untuk mencegah rem terkunci ketika mobil dilakukan pengereman dalam dan mendadak. Menurut Penulis, apabila Anda jarang mengemudi dalam kecepatan tinggi, maka fitur ini sebagai opsional. Dikarenakan harga antara mobil dengan merk dan tipe sama, antara yang mempunyai fitur ABS dengan yang tidak mempunyai fitur ABS, mempunyai perbedaan harga yang tidak sedikit.

11. Power Window
Fitur ini berguna untuk menaikkan maupun menurunkan jendela mobil secara elektronik. Dan pada umumnya di bagian pengemudi juga terdapat remote yang dapat mengatur keseluruhan jendela di mobil.

12. Central Lock
Fitur untuk mengunci semua pintu yang dikontrol dari bagian Pengemudi. Pada umumnya, kendaraan saat ini telah dilengkapi dengan fitur Central Lock.

13. Electric Spion
Fitur ini berguna untuk mengatur kaca spion melalui remote yang terletak di bagian pengemudi. Menurut Penulis, fitur Electric Spion sangat diperlukan khususnya untuk Spion sebelah kiri (di bagian Penumpang depan), karena sangat membantu ketika Pengemudi, apalagi mobil sedang dikendarai oleh Pengemudi sendiri. Sedangkan untuk spion di sebelah kanan (di bagian Pengemudi), menurut Penulis tidak sepenting Spion di sebelah kiri, karena Pengemudi dapat dengan mudah mengatur Spion di sebelah kanan tersebut.

14. Vanity Mirror
Vinity Mirror atau Kaca Solek adalah Kaca / Cermin yang pada umumnya terletak di bagian Penumpang Depan. Apabila Anda sering bersolek atau sering memandangi diri Anda, maka pastikan fitur Vanity Mirror ada di mobil yang Anda incar.

15. Tersedia untuk Trade In
Apabila Anda hendak mengganti mobil yang Anda miliki saat ini, maka aspek Trade In juga dapat menjadi salah satu aspek yang dapat Anda gunakan untuk perbandingan.

16. Ketersediaan Bengkel
Pastikan perusahaan pembuat mobil yang Anda incar memiliki bengkel-bengkel yang dapat Anda akses dengan mudah, baik untuk perawatan mobil maupun untuk perbaikan mobil.

17. Dapat Upgrade Klakson?
Dengan tingkat keramaian dan kompleksitas jalanan di kota-kota besar, seperti di Jakarta, Anda membutuhkan klakson yang lebih 'menggelegar' dibandingkan dengan klakson standar yang terpasang pada mobil-mobil pada umumnya.

Di After Market, banyak tersedia klakson-klakson yang 'menggelegar' seperti klakson Hela Keong.

Cek klakson pada mobil yang Anda incar. Apabila belum 'menggelegar', mintalah kepada Sales untuk mengganti klakson mobil yang Anda incar sebagai bonus.

18. Kaca Film
Selain untuk melindungi sinar matahari, Kaca Film juga dapat meminimalisir serpihan dari kaca mobil yang pecah.

Anda dapat meminta kepada Sales untuk pemasangan Kaca Film sebagai bonus apabila Kaca Film belum ada di mobil yang Anda incar.

19. Karpet Dasar
Karpet Dasar adalah karpet yang menutupi seluruh bagian dasar mobil, biasanya dipasang diatas karpet dasar bawaan mobil yang bahannya beludru. Tujuannya ditambah karpet dasar ini adalah demi kebersihan dan kenyamanan, karena kotoran (baik serpihan tanah ataupun pasir ataupun tumpahan air) tidak akan jatuh di karpet dasar beludru yang menyulitkan pembersihan. Selain itu juga berfungsi sebagai peredam suara, maksudnya berfungsi meredam suara terutama dari bagian bawah mobil seperti deru ban, dan lain sebagainya.

Pada umumnya bahan dari karpet dasar adalah dari kulit sintetis yang tahan air dan mudah dibersihkan (sehingga apabila ketumpahan air, hanya perlu dilap dan tidak akan meninggalkan noda yang sulit dibersihkan).

Pastikan Anda meminta kepada Sales untuk pemasangan Karpet Dasar sebagai bonus apabila mobil yang Anda incar belum mempunyai karpet dasar yang berbahan non beludru.

20. Alarm
Jika mobil yang Anda incar belum mempunyai Alarm, Anda dapat meminta kepada Sales untuk memasang Alarm mobil sebagai bonus.

21. Garansi
Ketika membeli mobil, pastikan Anda mengetahui garansi dari mobil yang Anda incar. Garansi dapat berupa garansi spare parts dan ada juga garansi service.

22. INT Wiper
Fungsi INT Wiper atau Intermittent Wiper adalah fungsi yang akan membuat Wiper menyapu kaca depan dalam jeda waktu tertentu. Fungsi INT Wiper akan sangat membantu ketika mobil dikendarai dalam cuaca hujan gerimis dengan curah yang tidak terlalu besar.

23. Merk
Merk mobil dapat Anda gunakan juga sebagai aspek pembanding. Anda tentu tidak mau membeli mobil yang mempunyai merk yang baru pertama kali Anda dengar, bukan?

24. Harga
Aspek Harga merupakan salah satu hal yang penting dalam menentukan mobil yang akan Anda beli. Sesuaikan dengan bugdet Anda yang tersedia, baik dari Kas Anda atau Anda dapat mengajukan Kredit Kepemilikan Kendaraan Bermotor. Saat ini sudah banyak tersedia perusahaan-perusahaan pembiayaan Kendaraan Bermotor atau Anda juga dapat mengajukan kredit dari Bank-Bank.

25. Child Lock
Fitur yang pada umumnya digunakan untuk mengunci pintu belakang mobil, sehingga pintu belakang mobil tidak dapat dibuka dari dalam. Dengan adanya fitur ini, apabila Anak Anda duduk di belakang akan aman, karena si Anak tidak dapat membuka pintu dari dalam.

26. Electric Spion Folded
Fitur ini memungkinkan Pengemudi untuk melipat spion secara remote.

27. Posisi Mesin
Dalam memilih mobil, pastikan Anda mengetahui posisi mesin mobil yang Anda incar. Untuk posisi mesin mobil di bawah jok, secara umum kelemahannya adalah kabin akan terasa panas akibat dari hawa panas yang dikeluarkan oleh mesin mobil.

28. Indent
Anda juga harus mengetahui apakah stok mobil yang Anda incar ready stock atau Anda harus menunggu dalam waktu tertentu (indent). Sebaiknya Anda memilih mobil yang ready stock, dikarenakan apabila indent, Anda tidak akan mengetahui secara pasti kapan Mobil yang Anda idam-idamkan tersebut akan mampir ke garasi Anda.

29. Pijakan Kaki Kiri Pengemudi
Fitur ini akan membuat kaki kiri Anda lebih lega karena dapat lebih direnggangkan.


Selain aspek-aspek diatas, ada juga calon konsumen yang menggunakan aspek pembanding tingkat konsumsi bahan bakar (tingkat keiritan) dalam menentukan pembelian mobil. Pada umumnya, informasi tingkat keiritan bahan bakar pada mobil dapat ditemui di majalah maupun situs automotive. Menurut pandangan Penulis, penggunaan informasi tingkat keiritan konsumsi bahan bakar dalam menentukan pemilihan mobil yang akan dibeli, dapat 'menyesatkan'. Karena banyak faktor yang menentukan tingkat keiritan suatu mobil, diantaranya adalah:
- Tingkat Kemacetan di jalan yang dilalui dalam pengetesan. Semakin sering mobil melakukan 'Stop and Go' (melakukan akselerasi dan pengereman), maka pada umumnya akan membuat mobil boros bahan bakar.
- Kecepatan Mobil yang dikendarai. Semakin 'stabil' kecepatan mobil, maka pada umumnya akan semakin menghemat bahan bakar mobil tersebut.
- Metode pengukuran yang dilakukan dalam pengetesan tingkat keiritan konsumsi bahan bakar.


Berikut file Excel Template Perbandingan Pembelian Mobil yang dapat Anda gunakan sesuai dengan Tips diatas:
KLIK DISINI untuk File Excel Template Perbandingan Pembelian Mobil


Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis