FeedBurner StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 23 January 2006, 16:50:58 GMT+7

Album Foto Digital Online



Saat liburan akhir tahun usai, Anda dan keluarga tentu pulang ke rumah dengan membawa setumpuk oleh-oleh dan kamera yang penuh dengan foto-foto keceriaan liburan Anda. Bagi Anda yang memiliki kamera digital, foto yang tersimpan dalam kamera Anda bisa jadi ratusan jumlahnya. Hendak dihapus dari kamera, Anda merasa sayang, tetapi kalau disimpan, bisa menghabiskan space di harddisk Anda. Persoalan lain pun muncul kala kerabat Anda berebut meminta Anda mencetak foto-foto tersebut untuk dikirimkan pada mereka. Bingung kan?

Daripada bingung, nyalakan saja komputer Anda, connect ke Internet lalu browsing ke situs-situs penyedia album foto digital yang tersebar di dunia maya. Anda tinggal memilih salah satu di antaranya, seperti www.ofoto.com, www.imagestation.com, www.shutterfly.com, www.snapfish.com dan http://photos.yahoo.com. Situs-situs tersebut menyediakan jasa penyimpanan foto (sebagian besar memberikannya secara cuma-cuma) dengan harapan Anda akan mencetak foto yang Anda simpan melalui situs mereka. Berhubung sebagian besar dari situs ini gratis, yang berarti tidak ada jaminan bahwa situs tersebut akan bertahan selamanya, maka sebaiknya Anda tidak menyimpan seluruh koleksi foto Anda di dalamnya tanpa membuat back up, misalnya dengan menyimpannya di CD.

Setelah memilih situs yang Anda kehendaki, Anda tinggal mendaftar menjadi anggota, kemudian membuat album foto dengan cara meng-upload foto-foto Anda ke dalam album online yang disediakan. Bagaimana caranya? Gampang, Anda tinggal memilih foto-foto yang Anda kehendaki melalui Windows Explorer, kemudian klik dan geser (drag) foto-foto tersebut ke dalam album Anda. Anda juga bisa menyusun foto-foto dalam album sesuai tema, atau memberikan komentar untuk setiap foto agar album Anda menjadi lebih menarik.

Setelah membuat album, Anda tentunya ingin berbagi kenangan yang terekam dalam foto-foto tersebut dengan teman dan kerabat Anda bukan? Fasilitas sharing foto juga tersedia di situs-situs ini. Anda tinggal mengirimkan sebuah undangan kepada teman maupun kerabat dengan menuliskan alamat e-mail mereka pada kotak yang tersedia. Dengan undangan tersebut, mereka dapat melihat-lihat atau mencetak foto-foto di album yang mereka buat. Apabila Anda tidak ingin e-mail rekan atau kerabat Anda diketahui umum, kirimkan undangan tersebut pada diri Anda sendiri, kemudian teruskan link yang ada dalam undangan melalui e-mail pada mereka. Dengan demikian, teman dan kerabat Anda dapat melihat-lihat foto yang Anda share tanpa harus mendaftar. Mudah bukan? Selamat mencoba!

Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Banner