FeedBurner StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 03 February 2006, 15:35:52 GMT+7

Antisipasi dan Penanganan Virus



Anda tidak ingin komputer Anda terserang virus? Semua orang akan menjawab "Ya". Namun sayangnya, tidak semua orang perduli akan keselamatan komputer mereka dari serangan virus. Karena itu, berikut kami sajikan tips dan trik dalam menangkal serangan virus, yang semoga bermanfaat bagi komputer Anda.

1. Pasang Antivirus
Sebagai perlindungan di garis depan, penggunaan antivirus adalah wajib. Ada banyak software antivirus yang beredar di pasaran, seperti McAfree VirusScan (www.mcafee.com), Norton Antivirus (www.symantec.com), atau AVG (www.grisoft.com) yang gratis. Jangan lupa untuk mengkonfigurasikan program antivirus Anda agar men-scan trafic incoming e-mail client Anda, karena dari sinilah peluang besar penyebaran virus.

2. Update Antivirus secara teratur
Ratusan virus baru muncul setiap bulannya. Usahakan untuk selalu meng-update antivirus yang Anda gunakan paling lambat dua minggu sekali. Database update terbaru dapat Anda lihat pada situs web perusahaan pembuat program antivirus yang Anda gunakan, atau Anda dapat menggunakan fasilitas live update pada program Antivirus tersebut. Sehebat dan sebanyak apa pun antivirus yang dipasang pada PC Anda, tapi jika tidak pernah di-update, maka tidak ada manfaatnya sama sekali bagi perlindungan PC Anda.

3. Waspada terhadap e-mail yang mengandung attachment
terutama dari pengirim yang Anda tidak kenal (Untuk tindakan preventif lebih baik dihapus).

4. Jangan terkecoh!
Sebelum membuka e-mail yang mencurigakan, Anda wajib melakukan scanning dengan software antivirus. Terkadang virus mengecoh dengan subyek-subyek yang membuat Anda penasaran untuk membukanya. Triknya adalah, jika Anda merasa tidak yakin apakah antivirus Anda sudah ter-update atau belum, forward e-mail ke Yahoo! Mail dan gunakan fasilitas scan di dalamnya.

5. Berhati-hati sebelum menjalankan file baru
Lakukan scanning terlebih dahulu dengan antivirus sebelum menjalankan sebuah file yang didapat dari men-download di Internet atau mengkopi dari orang lain. Apabila Anda biasa menggunakan sarana e-mail, berhati-hatilah setiap menerima attachment dalam bentuk file executable. Waspadai file-file yang berekstensi: *.COM, *.EXE, *.VBS, *.SCR, *.VB, *.PPS, *.DOC, *.ZIP, *.XLS, dan lain-lain. Jangan terkecoh untuk langsung membukanya sebelum melakukan scanning dengan software antivirus.

6. Curigai apabila terjadi keanehan pada sistem Anda
Menurunnya performa sistem secara drastis, khususnya saat melakukan operasi pembacaan/penulisan file di disk, serta munculnya masalah pada software saat dioperasikan bisa jadi merupakan indikasi bahwa sistem telah terinfeksi oleh virus. Lakukan full scan dengan antivirus yang sudah ter-update.

7. Lakukan backup data Anda secara teratur.
Tips ini mungkin tidak secara langsung menyelamatkan data Anda dari ancaman virus, namun demikian akan sangat berguna apabila suatu saat virus betul-betul menyerang dan merusak data di komputer yang Anda gunakan. Setidaknya dalam kondisi tersebut, Anda tidak akan kehilangan seluruh data yang telah Anda backup sebelumnya.


Sumber: CBN Newsletter, Edisi 2/IV Juli 2004



Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis