FeedBurner StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 12 January 2006, 16:58:38 GMT+7

Mengembalikan Setting Awal Ponsel NOKIA dengan 'Soft Format'



Media penyimpanan memori pada ponsel kini seolah mulai menjadi satu 'syarat' yang harus dipenuhi oleh perangkat komunikasi seluler. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan para user dalam hal kapasitas simpan data yang besar, para vendor mulai berinovasi menciptakan media penyimpanan eksternal berbagai type, yang mempunyai masing-masing mempunyai karakteristik tersendiri.

Nah, kebanyakan para pengguna ponsel tak memperhitungkan antara berapa kapasitas atau daya tampung yang dimiliki oleh satu ponsel tertentu dengan besar data yang akan disimpan. Dan hal itu sangat mempengaruhi kinerja 'prosesor' atau 'otak' ponsel. Sehingga, suatu saat akan terjadi, dimana kita merasa kinerja ponsel yang makin menurun atau melamban dan akhirnya sistem ponsel tersebut 'hang' atau 'crash'. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu cara 'gampang dan cepat' agar sistem ponsel kembali normal dan kembali pada seting aslinya adalah dengan mereset ponsel, atau biasa disebut dengan Soft Format.

Supaya proses reset ini berjalan dengan lancar, isi dulu baterai ponsel hingga penuh. Sebab, nggak lucu juga ketika sedang mereset trus tiba-tiba ponsel mati. Bisa-bisa ponsel tak bisa dipergunakan lagi alias mati total karena system error. Setelah baterai terisi penuh, lakukan beberapa langkah Soft Format di bawah ini. Sebagai catatan, tips yang akan diberikan ini khusus berlaku bagi Nokia 3650, 3660, 6600 dan Ngage.


1) Hidupkan ponsel sampai pada layar muncul tampilan menu awal seperti biasanya

2) Lalu ketikkan kode : *#7370#

3) Setelah kode diketikkan, pada layar akan tampak konfirmasi untuk me-restore seting ponsel ke kondisi awal atau seting asli ponsel tersebut, dengan pilihan konfirmasi 'Yes' atau 'No'.

4) Selanjutnya, setelah pilihan 'Yes' diberikan, akan tampil perintah konfirmasi untuk memasukkan 'Lock kode' atau kode kunci bawaan ponsel dari pabrik. Kode standar yang dimiliki oleh ponsel adalah : 12345. Namun jika ternyata kode standar tersebut telah dirubah, sebaiknya anda menghubungi pihak yang telah merubah kode tersebut sebelumnya.

Hal ini sangat perlu diperhatikan, mengingat ponsel hanya memberi 'kesempatan' sebanyak 3 kali dalam memasukkan kode kunci tersebut. Jika sampai 3 kali salah dalam pengisian kode, ponsel akan secara otomatis diblokir total dan anda harus menghubungi pihak distributor atau vendor untuk mengetahui nomor PUK yang diminta oleh ponsel tersebut.

5) Jika kode telah diketikkan, tekanlah tombol enter atau 'OK' dan selanjutnya proses re-seting ponsel dan re-start data akan mulai berjalan. Proses ini biasanya berlangsung antara tenggang waktu 5-10 menit. Bila sudah selesai, ponsel akan re-start secara otomatis dan berfungsi seperti biasanya.

Jangan lupa untuk melepas kartu memori atau MMC (Multi Media Card) sebelum anda memulai langkah 'Soft Format' di atas, jika anda tak ingin isi dari MMC anda tersebut juga ikut dan datanya hilang. Agar lebih meyakinkan, sebaiknya anda tanya dahulu atau didampingi oleh user yang sudah pernah mencoba proses tersebut dan berhasil.

Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Banner