FeedBurner StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 18 January 2009, 21:36:06 GMT+7

Menikmati Hidup dengan Diabetes



Health News Fri, 21 Nov 2008 09:25:00 WIB

Diabetes Mellitus bukan hanya diderita kaum lansia (lanjut usia). Semua kalangan dapat terserang penyakit yang disebabkan ketidakmampuan tubuh mengolah insulin. Untuk mencegah komplikasi tersebut adalah mengontrol pola makan dan menjalani kebiasaan hidup sehat.

Jumlah penderita Diabetes Mellitus mengalami peningkatan cukup signifikan dari tahun ke tahun. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan Indonesia menduduki peringkat ke-4 di dunia dalam hal jumlah penderita kencing manis atau diabetes. Indonesia merupakan negara ke-4 terbesar penderita kencing manis menyusul China, India, dan Amerika Serikat. Ini terjadi karena perubahan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Penyebab penyakit ini lebih disebabkan perubahan gaya hidup tradisional menjadi gaya hidup yang kebarat-baratan. Pola makan di kota-kota besar di Indonesia telah bergeser dari pola makan pedesaan yang didominasi makanan tinggi karbohidrat dan serat sayuran menjadi pola makan yang mengandung banyak protein, lemak, gula, dan hanya mengandung sedikit serat.

"Kecenderungan orang tidak menjaga pola makan setelah kehidupan mereka mapan. Mereka juga lebih memilih makanan cepat saji dengan alasan praktis. Sebaiknya memperbanyak serat dalam buah dan sayur," kata Spesialis Penyakit Dalam dari RS Telogorejo, Semarang Witjitra Darmana Samsuria.

Akibatnya, mereka mengalami obesitas dan menyebabkan resistensi insulin. Banyaknya timbunan lemak di rongga perut akan diikuti dengan tingginya kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Ukuran lingkar pinggang (LP) yang tak normal memang bisa menjadi indikator munculnya beragam jenis penyakit.

Cara lain untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal bagi diabetisi adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Yang paling cocok adalah joging selama 20 menit per hari. (sindo//nsa)


Sumber: Okezone

Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Banner