FeedBurner StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 27 December 2008, 22:14:52 GMT+7

Trigliserida



Trigliserida adalah lemak utama di dalam tubuh yang sangat erat kaitannya dengan kolesterol. Trigliserida merupakan lemak darah yang secara khusus berada pada lapis kedua low-density lipoprotein atau LDL, yang dikenal sebagai kolesterol "jahat" . Jahat? Karena, bisa memicu serangan jantung dan stroke. Obat penurun kolesterol seringkali tak mampu menurunkan trigliserida -- lemak darah yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi dan lemak dalam tubuh.

Trigliserida adalah faktor risiko independen penyakit jantung, yang bisa membawa pada kematian. Trigliserida dan lemak lain biasanya diukur setelah orang berpuasa selama delapan sampai 12 jam. Lipoprotein (LP) paling kaya kolesterol adalah LDL atau low density lipoprotein yang membawa kolesterol dari hati menuju sel-sel tubuh. Jika berlebihan, kolesterol dalam LDL(LDL-cholesterol / LDL-C) mudah menumpuk dan menyumbat pembuluh darah, sehingga kadar yang tinggi sangat membahayakan kesehatan. Karena itu, LDL-C biasanya disebut kolesterol "jahat" atau orang menyebutnya "kolesterol" saja. HDL adalah kolesterol baik (kayak orang sj).

HDL( high density lipoprotein) bertugas mengumpulkan kelebihan kolesterol dari jaringan tubuh, dan mengembalikannya ke hati. Karena fungsinya yang seperti "pembersih kolesterol" ini, kolesterol dalam HDL (HDL-cholesterol / HDL-C) sering disebut kolesterol "baik". HDL-C yang tinggi baik bagi kesehatan tubuh. Kolesterol total adalah jumlah antara HDL-C, LDL-C, dan trigliserida. Kadar kolesterol total yang tinggi tidak otomatis menandakan kolesterol tinggi, karena bisa saja yang tinggi adalah HDL-C (kolesterol baik) yang justru bermanfaat bagi kesehatan. Karena itu biasanya juga dicek HDL-C, LDL-C, dan trigliserida secara bersamaan.

Trigliserida bukan kolesterol, namun seringkali merupakan pertanda kolesterol tinggi dan resiko penyakit jantung. Meskipun bisa bervariasi sesuai kondisi masing-masing orang, namun umumnya kadar kolesterol optimal adalah :

* Kolesterol total < 200 mg / dl
* LDL-C < 130 mg / dl
* Trigliserida < 150 mg / dl
* HDL-C > 40 mg / dl

So, turunkan LDL-C dan Trigliserida, Tingkatkan HDL-C.

Caranya : (yah, lagi-lagi ke pola makan) :
1. Hindari goreng-gorengan, kuning telur, jeroan, makanan laut (udang, kerang, kepiting, dan lain-lain), susu, keju, mentega, daging (terutama yang berlemak), santan.
2. Upayakan jangan kegemukan (olah raga, atur makanan lah).
3. Jangan stress.

Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Banner