FeedBurner StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 15 February 2006, 15:25:24 GMT+7

Jalan Setapak di Taman



Jalan setapak pada sebuah taman, selain bermanfaat secara fungsional, dapat juga meningkatkan estetika taman.

Jalan setapak pada taman sesungguhnya berfungsi sebagai jalur sirkulasi yang memungkinkan orang untuk mencapai seluruh bagian taman, tanpa harus menginjak-injak rumput atau tanah. Agar menjadi elemen yang sangat menarik dan menambah keindahan taman, jalan setapak perlu direncanakan sebaik-baiknya. Perencanaan ini meliputi peletakan, pemilihan bentuk, serta bahan penyusun jalan setapak. Jangan sampai peletakan jalan setapak yang asal-asalan malah mengganggu estetika taman.

Peletakan Tepat
Sebagai patokan, jalan setapak biasanya dibuat untuk menghubungkan taman dengan perkerasan di sekitar rumah, misalnya carport atau teras. Perhitungkan juga agar posisi jalan setapak memungkinkan Anda mencapai seluruh bagian taman, terutama saat menyiram tanaman. Jika Anda ingin menyelang-nyeling pijakan dengan rumput, pastikan jarak antara pijakan yang satu dan yang lain tidak terlalu jauh atau terlalu dekat. Terlalu jauh bisa menyebabkan orang terpeleset dan jatuh, sementara jarak yang terlalu dekat membuat langkah kaki kurang nyaman. Jika dipandang, jarak yang terlalu rapat ini terlihat kurang bagus.

Untuk bentuknya, Anda bisa memilih pola geometris atau natural. Pola geometris diwakili oleh bentuk persegi teratur dan peletakan batu yang berulang tiap interval tertentu. Sementara pola natural banyak mengadopsi bentuk lengkung dan kurva yang tak beraturan.

Ragam Bahan
Aneka jenis material bisa Anda pilih untuk membuat jalan setapak. Yang umum digunakan, misalnya lempengen batu kali, batu gunung pipih yang dipasang terpisah-pisah, atau paving block yang berlubang-lubang. Di lubang-lubang ini, lumut dan rumput dapat dibiarkan tumbuh mencuat untuk menciptakan ornamen yang khas. Batako, bata merah, atau keramik dapat juga dipilih. Ambillah material yang memiliki tekstur kasar agar tidak licin di musim hujan. Untuk perawatan, cukup disikat untuk menghindari tumbuhnya lumut.

Tidak ada batasan dalam pemilihan materi jalan setapak yang ingin Anda ciptakan. Batasannya hanyalah kreativitas Anda. Jika mau, Anda juga bisa mencoba memadukan beberapa jenis material untuk menciptakan kombinasi yang harmonis.



Tips
Agar pijakan tak bergerak dan sejajar dengan rumput atau tanah di kanan kirinya, lakukan langkah berikut. Gali terlebih dahulu tanah lokasi jalan setapak itu sedalam 10 cm. Kemudian pada lubang galian tersebut, beri adukan semen dan pasir setebal 3 cm. Setelah itu baru material jalan setapak dipasang


Sumber: Kompas



Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Banner