FeedBurner StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 02 August 2008, 18:04:34 GMT+7

Tampil Cantik Dengan Tegel Berornamen



Tampilan lantai menjadi cantik dan lebih adem dengan tegel berornamen. Menggunakan yang bekas bisa, yang baru pun ada.

Rumah berlantai keramik licin dan mengkilat, itu sudah lazim. Bagaimana jika lantai itu dipasangi tegel alias ubin? Apalagi jika tegel yang dipasang itu bermotif bunga atau berornamen hias warna-warni. Lantai seperti beralaskan permadani. Indah, cantik, sekaligus adem.



Tegel atau ubin terbuat dari campuran pasir dan portland cement. Itu sebabnya sering juga disebut sebagai ubin PC. Tegel dibuat dalam cetakan ukuran 20x20cm dan 30x30cm sampai kering. Setelah itu direndam di dalam air sampai 24 jam. Kemudian diangin-anginkan sampai benar-benar kering sekitar 10 hari.



Sebelum teknologi pembakaran keramik dikembangkan, rumah-rumah tropis pada umumnya menggunakan lantai berupa tegel. Ukuran yang umum dipakai adalah 20x20cm. Alas lantai ini memberi efek dingin karena permukaannya mempunyai pori-pori yang besar. Ini berbeda dengan keramik, yang terbuat dari tanah dengan campuran bahan kimia dan cat, dan dihasilkan lewat pembakaran oven. Permukaannya kedap pori alias tertutup rata.



Kini tegel tua banyak diburu orang. Di Jakarta, antara lain dijual di kawasan Ciputat. Namun Anda tetap bisa bergaya dengan tegel berornamen yang baru karena di Yogya - sebagai contoh - tegel semacam ini masih diproduksi dengan harga tidak terlalu mahal. Atau Anda juga dapat memasang tegel-tegel ini di antara keramik sebagai aksen yang menarik.



TIPS
1. Jika Anda mendapatkan tegel bekas, haluskan tepinya dari sisa semen dengan menggunakan gerinda.
2. Kalau tepi tegel bekas Anda terkelupas atau pecah, Anda tetap dapat memasangnya dengan menambal memakai semen. Cara lain, dengan membuat nat yang agak lebar.
3. Tegel-tegel baru umumnya diperhalus dengan menggosok dengan batu ambang atau dengan ampelas duko.


Sumber: Kompas



Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Banner