StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 27 October 2008, 23:12:52 GMT+7

Kesetrum ?



TANYA
Wah.. spark ogut kok bisa nyubit ya... (nyetrum...) kalo mau masuk atau keluar pintu mobil tidak sengaja nyenggol bodi spark langsung di cubit.. Kenapa ya ?


JAWAB

Saduran bebas dari:
http://www.static-sol.com/articles/static_shocks.htm#What%20about%20shocks%20when%20I%20get%20out%20of%20my%20car?

dan
http://www.school-for-champions.com/science/feedback.cfm?topic=Static%20Electricity#Feels%20a%20vibration%20when%20touches%20my%20skin

serta
http://www.school-for-champions.com/science/staticcont.htm


Rasanya kalo ada kebocoran electric di mobil, kita akan ke'setrum' bila kita berada diantara dua kutub tegangan. Misalnya kita sedang memegang kabel positif (yang terbuka) serta bodi sebagai ground. La... kejadiannya khan hanya pegang bodi. Jadi nggak mungkin dikarenakan pergerakan arus listrik.

Tegangan elektrostatik berkembang selama kita duduk di kursi mobil yang diakibatkan oleh kontak dan pergerakan antara baju dan kursi. Hal ini juga dibantu dengan kelembaban dalam kabin yang rendah akibat seharian menggunakan AC. Sewaktu berdiri, kulit kita akan membawa sebagian tegangan ini, 10.000volt adalah biasa, tapi nggak kerasa karena elektronnya tidak bergerak, statis pada kulit kita. Bila kita menyentuh benda metal (atau non-metal tapi yang berlawanan tegangan elektrostatiknya), maka baru terjadi perpindahan/lompatan elektron yang kita rasa sebagai 'strum-cubit'.

Contoh ringan elektrostatik: coba ambil selotip lebar. Dekatkan jari pada permukaan luarnya (yang nggak berperekat) maka selotip tidak akan tertarik ke jari kita. Tapi coba rekatkan selotip pada apa saja (misal meja kayu), kemudian tarik selotip agak cepat hingga terpisah. Maka permukaan luar selotip akan tertarik ke tangan kita. Selotip bermuatan (-) dan kulit tangan kita cenderung (+). Coba deh.... Atau rambut yang berdiri akibat disisir dengan sisir plastik. Atau kalo kita tempel dan gerakkan balon karet dengan wool, maka balon akan bermuatan (-).

Elektrostatik bisa terjadi dimana-mana, bahkan sering di non-metal/non-konduktor. Karena elektron menumpuk pada permukaan benda dan statis (tidak berpindah antar atom dalam benda tsb).

Yang bisa kita hindari adalah lompatan elektronnya, bisa dengan cara:

[1] menaikan kelembaban, sebab uap air mudah menangkap elektron. Ya, sebelum berdiri dari kursi, buka jendela/pintu/matikan AC beberapa menit.
[2] grounding, netralisir tegangan kulit dengan menyentuh metal sebelum berdiri dari kursi. Jangan sesudahnya lho...
[2] gunakan baju cotton, karena cenderung bersifat netral. Bahan kulit, sutra, wool cenderung (+). Poliester cenderung (-).
[3] bikin kulit lebih lembab, dengan moisturize skin, banyak minum - sehari 8 gelas.

Atau bisa juga kita biarkan lompatan elektron itu terjadi tapi tidak langsung dari kulit kita. Caranya dengan memegang kunci (metalnya) yang kemudian kunci ini yang kita dekatkan dengan pintu mobil. Sehingga lompatan elektron terjadi antara kunci dengan bodi mobil. Kalo perbedaan tegangannya cukup tinggi dan kita berada di malam hari, kita bisa jadi Gundala (manusia yang menghasilkan petir). Asyiiik nggak...


Sumber:
Edy Suhendra dan Julendra B Ariatedja
Milis Chevy Spark Club

Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Banner