StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 28 October 2008, 21:53:14 GMT+7

Maksimalkan Fitur



Tak hanya seatbelt dan airbag saja, sejumlah fitur mobil lain juga berkaitan dengan keselamatan, asal kita bisa memaksimalkannya. Pada dasarnya mobil adalah kumpulan beribu komponen yang mampu memindahkan kita dari satu tempat ke tempat lain. Setiap bagian di dalamnya memiliki fungsi sendiri, yang kadang juga terintegrasi dengan lainnya.

Kita di sini berbicara safety, makanya ambil saja airbag atau SRS (Secondary Restraint System) sebagai contoh. Banyak orang berpikir, kalau mobilnya sudah dilengkapi airbag, maka ia tak perlu lagi pakai seatbelt. Toh, kalau kecelakaan ada balon empuk yang terhampar di depan mukanya.
Salah besar!

Penelitian membuktikan, risiko cedera tanpa seatbelt lebih besar di mobil yang ber-airbag. Pasalnya, saat terjadi benturan badan dan kepala akan maju ke depan. Dan seketika itu pula wajah akan ditonjok ledakan airbag yang gayanya sekitar 2 kali pukulan Mike Tyson. Jika pakai seatbelt, wajah baru menyentuh balon udara itu setelah mengembang penuh dan mengabsorb beban tumbukan.

Selain contoh tadi, ada banyak fitur lain di mobil yang bisa menyelamatkan nyawa di saat tak terduga, atau bahkan membahayakan jika tak dimengerti betul kegunaannya. Berikut beberapa di antaranya:

KUNCI AIRBAG
Biasanya terletak di konsol tengah atau sisi kiri depan kabin. Fungsinya untuk mematikan airbag di sebelah driver. Meski jarang pemilik mobil menggunakannya, fitur ini bisa menyelamatkan nyawa semisal penumpang di sebelah adalah anak kecil - apalagi dipangku, atau bayi. Tubuh mungil itu pun terhindar dari ledakan airbag jika kecelakaan.

REM TANGAN
Tak hanya di saat berhenti, rem tangan juga punya fungsi vital saat bergerak. Semisal terjadi rem blong, Anda bisa menurunkan gigi sembari menarik tuas rem tangan untuk melambatkan laju. Perlu diingat, menariknya perlahan dengan posisi jempol tetap menekan tombol rem tangan.

JARING PEMISAH BAGASI
Biasanya terdapat pada kendaraan jenis jip atau MPV. Gunakanlah kalau mengangkut banyak barang di bagasi. Ini berfungsi menahan barang bawaan masuk ke kabin dan mencederai penumpang jika tabrakan atau terbalik.

HEADREST
JANGAN sekali-kali melepasnya. Pada beberapa kasus tabrakan, headrest mampu mereduksi kemungkinan patah tulang leher secara signifikan.

PENAHAN MATAHARI
Di siang hari fungsinya jelas, menghalau sinar mentari menyilaukan mata. Tapi di malam hari sebaiknya dilipat ke atas. Selain tidak ada fungsinya, penahan matahari malah akan mengurangi visibilitas pengemudi. Hal sama juga berlaku ke tirai penahan matahari.

TILT STEERING
Sebaiknya jangan menyetelnya terlalu rendah. Jika terjadi tabrakan, posisi setir terlalu rendah berpotensi mencederai kaki dan perut. Juga mempersulit evakuasi. Beberapa mobil canggih, sudah mengaplikasi fitur collapsible steering column. Saat tabrakan frontal sistem kemudi akan terjatuh dan menghindari kaki terhimpit.

CHILD LOCK
Fungsinya mencegah pintu dapat dibuka dari dalam. Aktifkanlah saat membawa anak kecil. Tapi segera non-aktifkan begitu tak ada lagi anak kecil.


Sumber:
Fitra Eri
Majalah AutoBild, Tanggal 2-5 Agustus 2003 Edisi 7 Suplemen

Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Nulgath Secret Walkthrough