StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 28 October 2008, 21:59:16 GMT+7

Menghindari Pencurian Kendaraan



Pencurian mobil atau barang-barang di dalamnya masih saja terbilang sebagai kejahatan yang paling sering terjadi di Indonesia. Banyak faktor yang menyebabkan itu terus berlangsung. Salah satunya, ternyata karena keteledoran pemilik saat hendak menginggalkan mobil.

Tanpa harus menyalahkan pihak lain, kewaspadaan pemilik atas keamanan mobilnya pasti dapat lebih menjauhkan dari pencurian. Walaupun kehilangan mobil atau barang di dalamnya bisa menimpa siapa saja, tips mengamankan mobil berikut ini perlu diikuti guna menghindari kejadian yang dapat terjadi setiap waktu ini.

- Jangan pernah meninggalkan mobil dalam keadaan kunci kontak terpasang, apalagi mesin hidup. Biasanya ini terjadi saat Anda membeli sesuatu di warung atau toko kecil. Umum pula ini dilakukan bila Anda akan mengantarkan sesuatu di tempat tertentu. Larangan tersebut berlaku pula saat mobil masih berada di depan rumah. Pendeknya hindari tindakan teledor tersebut karena banyak modus pencurian pada kondisi ini.

- Yakinkan pintu mobil terkunci, walaupun Anda telah memarkirnya di tempat biasa. Kepolisian menemukan kebiasaan pencuri bertindak hanya dalam waktu kurang dari satu menit setelah pemilik meninggalkan mobilnya. Bila perlu, modifikasi kunci pintu maupun fungsi kontak, demi mempersulit kerja pencuri. Lagi-lagi terdata pencuri yang tak berhasil menghidupkan mobil dalam lima menit, mereka akan mengurungkan pekerjaan jahatnya itu.

- Sedapat mungkin hindari jasa petugas parkir, karena dengan meminta bantuan jasa parkir kepada petugas hotel atau pusat pertokoan, kunci kontak mobil Anda berpeluang digandakan. Dan, pencuri akan memanfaatkan kesempatan berikutnya kala Anda parkir di tempat sama.

- Pilih tempat parkir paling ramai oleh lalu lalang orang maupun mobil. Hanya pencuri yang sangat nekad yang berani membawa kabur mobil dari keramaian. Pengalaman kepolisian membuktikan banyak kasus pencurian mobil gagal karena orang sekitar sempat mengetahui mobil bersangkutan dikemudikan orang lain.

- Bila mobil dilengkapi stereo set yang mahal, pilih jenis yang dapat dicopot bagian kepalanya demi pengamanan. Atau pilih sound system yang dilengkapi theft deterrent code. Kalaupun stereo set itu tercuri dipastikan tak bakal laku terjual karena adanya PIN saat harus menghidupkannya.

- Kini alarm telah menjadi bagian utama pada umumnya mobil. Pilih alarm yang paling sesuai dengan kebutuhan. Ada baiknya pula mobil dipasangi tracking system. Alat ini memang tak bisa menghindari pencurian. Namun karena tracking system -- salah satunya dapat disambungkan dengan radio dalam mobil -- dapat selalu memancarkan sinyal, maka keberadaan mobil dapat terpantau. Sistem GPS milik Polda Metro Jaya dapat dimanfaatkan untuk kepentingann ini.

- Bila tak suka memasang alarm dengan alasan alat ini bekerja kelewat sensitif, perlu pemasangan kunci setir tambahan. Biasanya peralatan ini berupa tongkat besi yang mengikat setir dengan pedal kopling atau beberapa bentuk lempengan yang mengaitkan kemudi dengan dasbor. Kegiatan ini lebih banyak ditujukan menyulitkan pencuri membawa kabur mobil.

Pendeknya, pencurian mungkin dapat dihindari dengan jangan melakukan kesalahan dan keteledoran saat meninggalkan mobil.


Sumber:
Republika Online

Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Nulgath Secret Walkthrough