StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 29 October 2008, 00:05:34 GMT+7

Ritual Post Buying



Usai mendapatkan mobkas pilihan, Anda perlu melakukan ritual post buying agar tak menyesal di kemudian hari. Pasalnya, kita tak pernah benar-benar tahu perlakuan pemilik sebelumnya kecuali ada track record yang resmi dan akurat

ADA dua rumus penting untuk mendapatkan mobkas pilihan. Pertama melakukan inspeksi serta check and recheck sebelum transaksi. Kedua, prosedur pasca beli. Langkah-Iangkah yang perlu dilakukan adalah dengan memeriksa mesin, sasis dan bodi. Hal inl untuk menentukan apa saja yang perlu diganti atau diperbaiki.

Berikut beberapa bagian yang wajib diinspeksi setelah Anda membeli mobil bekas.


MESIN DAN TRANSMISI
SUDAH wajar bila begitu selesai bertransaksi, Anda langsung mengganti semua pelumas, mengganti seluruh filter dan melakukan tune-up. "Utamanya soal pelumas dan filter (udara, oli, bahan bakar), sebaiknya diganti semua, sehingga kita mengetahui jadwal penggantian yang tepat," ujar Um Hans Halim, kepala bengkel Suzuki Kebon Jeruk.

Bersamaan dengan tune-up, periksa juga kondisi pasokan bahan bakar, baik yang masih menggunakan karburator ataupun injeksi berikut saluran dan pompa bahan bakarnya. Sebab ketidak beresan di bagian ini berefek pada performa dan konsumsi bbm.

Anda bisa melanjutkannya dengan memeriksa dan jangan ragu untuk mengganti timing belt bila kondisinya sudah tak layak. Lakukan hal yang sama dengan v- belt. Teruskan ke sistem pendinginan mesin. Kuras dan ganti air radiator, termasuk yang ada di tabung resevoir. Untuk mesin yang menggunakan electric fan, periksa apakah putaran motor listriknya masih cukup kencang. Sebab bila sudah lemah, mobil kerap mengalami overheat saat terjebak kemacetan.

Jangan lupakan sistem kelistrikan. Untuk yang masih menggunakan aki konvensional, periksa jumlah dan kondisi air akinya. Bila ada gelembung udara, berarti sel aki tersebut mendidih dan kemampuannya menyimpan arus sudah berkurang. Lakukan servis AC dengan mengganti oli kompresor berikut refrigerant-nya serta membersihkan unit internal AC.

Buat mobil berusia 10 tahun lebih atau odometer sudah kembali ke nol, idealnya turun mesin. Walau tak ada komponen yang aus, Anda dapat memastikan kondisi mesin dan membersihkan tumpukan kerak. Ini menghemat pengeluaran tak terduga di kemudian hari yang acap lebih tinggi dari biaya turun mesin.


BODI DAN INTERIOR
BILA ada scratch yang akan ditambal, tandai lokasinya. Biaya cat per bidang, umumnya paling mahal sekitar Rp 350.000. Atau bila hanya penyok - sementara cat tetap utuh, bisa cara altematif ke ketok magic. Atau umumnya, poles dan wax ulang seperti yang dilakukan pedagang mobkas. Cek dan bersihkan drainase di pintu bila kotor/tersumbat kotoran.

Untuk mengetahui kondisi bodi, buka semua karpet. Awasi apa ada bagian yang diserang karat. Bila ada, hilangkan dengan cairan penetrant lalu disemprot lapisan antikarat. Seluruh interior dicuci dan dikeringkan, hingga semua kotoran hilang. Bila tak mau repot, serahkan saja ke salon mobil kepercayaan.


KAKI-KAKI
KOMPONEN yang perlu dicermati di bagian ini termasuk sokbreker serta kampas rem. Bila kondisinya tinggal 30%, sebaiknya ganti baru. Jangan lupakan brake line, utamanya bila mobil lama diam. Sebab pipa rem berbahan karet mudah getas bila lama didiamkan. Cek semua baut, kencangkan bila perlu. Setelah itu, lakukan spooring, balancing dan finishing balance agar geometri suspensi kembali normal. Hal ini mempengaruhi kemudi serta keawetan ban. Jangan lupa cek kondisi ban, lihat kode batas keausannya. Cek semua baut roda. Buka tiap baut dan lapisi dengan grease (gemuk), agar baut tak macet saat emergency.


ASURANSI
BANYAK orang yang belum menganggap penting asuransi. Namun ada baiknya Anda melindungi mobil incaran yang baru diperoleh dengan asuransi. Percayalah, perlindungan akan membuat Anda lebih tenang.


Sumber:
Andri Kusumanto
Majalah AutoBild

Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Nulgath Secret Walkthrough