StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 29 October 2008, 00:32:20 GMT+7

Spark: Ngesot ?



TANYA
Ada yg pernah merasakan buntut spark suka ngesot pas waktu melewati jalan berjerawat dengan kecepatan yg cukup cepat? kayanya shocknya
terlalu lembut ya. Jadi suka lari gitu. ada yg sudah pernah mengatasinya ga ya?

JAWAB
Di manual Spark Bengkel Hangtuah, maupun di manual matiz.uragan.cz, di Section 0 (b) dan khususnya di Section 2 (d), digambarkan mengenai spesifikasi rear suspension, yaitu dengan istilah : Isolated Trailing Link.

Digambarkan bahwa suspensi belakang terdiri dari 4 link: Lateral Rod, Axle, dan 2 Trailing Arm. Salah satu link-nya (lateral rod) memang menyerupai stabilizer tapi bukan stabilizer. Lateral Rod ini berfungsi menahan pergerakan poros roda ke arah samping. Beda dengan stabilizer yang mencegah gaya miring mobil berlebihan. Sedangkan di roda depan memang sudah menggunakan stabilizer yang digabungkan dalam suspensi McPersonnya.

Karena ini mobil ringan dan sederhana, maka suspensi Spark-Matiz sudah dibuat satu paket tetap. Artinya, suspensi ini sudah tidak usah distel-stel lagi. Bahkan kita hanya bisa meng-adjust sudut toe-in roda depan saja. Yang lainnya sudah dihitung dari pabrik pasti pas.

Maka, kalo terjadi 'ngesot', penyebabnya bisa saja:
- ada komponen yang sudah bengkok/rusak. Ini yang pernah saya alami, karena menubruk pemisah jalan dari belakang. Pemecahannya, ya diganti yang bengkok atau di perbaiki kalo bisa.

- ada joint yang longgar. Tapi gejalanya diawali dengan bunyi-bunyi berlebih. Pemecahan: dikencangkan.

- ngesot ini sudah menjadi ciri dari mobil yang menggunakan trailing link, seperti Starlet, Atoz, Taruna, Avanza. Apalagi bila lebar mobil kecil sekali. Ditambah dengan bobot belakang yang ringan sekali, sehingga ban belakang seakan meloncat dan memperbesar efek ngesot ini. Pemecahannya: banyak, kurangi tekanan ban belakang (24-26psi), selalu bawa penumpang belakang, ganti per dan shock dengan yang lebih mahal (monroe), dan kalo ada gundukan ya... pelan-pelan.


Sumber:
Julendra B Ariatedja
Milis Chevy Spark Club

Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Nulgath Secret Walkthrough