StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 30 January 2006, 16:27:26 GMT+7

Ekspresikan Diri Dengan Blog



Hampir semua orang punya buku harian atau biasanya kita menulis catatan-catatan harian ini di sebuah buku kecil, terkunci, dan disimpan di tempat aman, agar orang lain tidak dapat membacanya. Karena bersifat pribadi, kita bebas menuliskan apa saja yang kita kehendaki di buku harian tersebut.

Kini, buku harian telah merambah Internet, yang dihantarkan oleh sebuah teknologi bernama Blog. Menurut Enda Nasution (http://enda.goblogmedia.com/apa-itu-blog.html), istilah blog yang merupakan kependekan dari weblog pertama kali digunakan oleh Jorn Barger (Desemher 1997). Julukan ini ditujukan untuk menyebut kelompok situs pribadi yang selalu di-update secara kontinu serta berisi link-link ke situs lain yang mereka anggap menarik, disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan "catatan perjalanan" seseorang di Internet, yaitu link ke situs yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini dikarenakan para blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar "cerdas" mereka, pendapat-pendapat pribadi bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat

Dari penjelasan di atas, jelaslah bahwa setiap blogger bcbas mengisi weblog pribadi mereka dengan apa saja. Bisa catatan harian, kumpulan artikel, opini tentang fenomena politik, review film, dan sebagainya.

Membuat blog (blogging) bukanlah pekerjaan sulit. Ada banyak situs yang menyediakan blog gratisan. Anda tinggal mendaftar jadi anggota secara gratis dan mulai menulis. Masalah tata letak, warna situs, dan sebagainya, tak perlu pusing-pusing dipikirkan. Semuanya sudah tersedia dan masih gratis.

Situs-situs Penyedia Layanan Blog
www.xanga.com merupakan salah satu situs yang memelopori layanan weblog gratisan. Walau anggotanya sudah jutaan orang, namun saat ini situs-situs sejenis sudah banyak bertebaran di Internet dan jauh lebih populer. Ada www.blogger.com yang menyediakan layanan free weblog di www.blogspot.com, atau www.blogdrive.com dengan layanan yang lebih kurang sama. Sementara itu, ada pula situs yang menyediakan script pembangun weblog. Anda tinggal mendownload lalu menginstallnya di server yang Anda miliki. Contohnya adalah www.pmachine.com yang menyediakan software pMacbine dan ExpressionEngine. Contoh situs yang dibangun dengan pMachine ini adalah www.berpolitik.com dan www.penulislepas.com.

Banyaknya layanan weblog mungkin membuat Anda bingung harus memilih yang mana. Menurut tabloid TrenDigital cdisi 27, Tahun 2004, ada. tiga parameter yang patut diperhitungkan dalam memilih layanan blogging, yakni kemudahan mengubah desain, fasilitas umpan balik, dan sindikasi. Alasannya, ketiga faktor inilah yang sangat berperan penting dalam menambah kenyamanan si pemilik dan pengunjung blog.

Kemudahan mengubah desain berarti si penyedia layanan memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk mengubah desain weblog sesuai selera masing-masing. Baik netter yang mengerti desain web maupun yang masih awam, hendaknya dapat melakukan perubahan desain dengan mudah dan praktis.

Fasilitas umpan balik merupakan faktor berikutnya yang penting, karena Anda dapat berinteraksi dengan para pengunjung melalui weblog tersebut. Fasilitas umpan balik ini mencakup komentar terhadap tulisan Anda, buku tamu, tagboard (semacam papan chatting), formulir untuk menghubungi Anda via e-mail, dan sebagainya.

Sindikasi merupakan faktor ketiga yang sering diabaikan oleh para pengguna weblog. Sindikasi yang menggunakan RSS (Really Simple Syndication) atau ATOM, berguna bagi pengunjung yang ingin mengetahui kapan suatu blog (atau situs secara umum) diperbarui. Ada pula fitur canggih lainnya seperti mobblogging yang memungkinkan Anda memperbarui blog melalui e-mail. Bila ponsel Anda bisa digunakan untuk mengirim Anda bisa menggunakannya untuk menulis blog.

Jadi, bila Anda ingin membuat buku harian di Internet, Anda tak perlu repot-repot lagi memikirkannya, bukan? Tinggal pilih mana yang Anda sukai dan mulailah menulis.


Sumber: CBN Newsletter, Edisi 5/IV Oktober 2004



Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Banner