StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 13 March 2006, 16:00:38 GMT+7

Efektif Menggunakan Search Engine Di Internet



Menggunakan search engine - seperti Google atau Yahoo - untuk mencari informasi di Internet kini telah menjadi hal yang biasa. Namun dalam kenyataannya para pengguna Internet kerap dibingungkan dengan dengan banyaknya hasil yang diperoleh.

Agar pencarian menggunakan search engine lebih efektif, tidak nemakan waktu dan sesuai dengan keinginan, ada beberapa siasat yang dapat dilakukan.

1. Pertama tentu memastikan bahwa kata-kata yang ditulis sudah benar. Upayakan menggunakan kata-kata yang spesifik dan hindari kata-kata umum seperti "dan", "yang", "atau" dan lain-lain. Semakin spesifik kata kunci yang dipergunakan, semakin efektif pencarian yang dilakukan.

2. Menggunakan lebih dari satu kata kunci akan mengeluarkan hasil yang lebih banyak. Akan lebih baik - jika menyangkut satu istilah tertentu - jika menggunakan tanpa kutip ("...") sehingga hasil pencarian dibatasi hanya pada halaman-halaman web yang memuat persis seperti kata kunci tersebut. Misalnya ketimbang menuliskan laptop seken, Anda dapat mencoba mempersempit pencarian dengan menuliskan "laptop seken".

3. Untuk lebih mempersempit pilihan, Anda bisa menambahkan kata kunci pada hasil pencarian. Misalnya jika Anda berniat membeli laptop seken maka gunakan kata "laptop seken dijual" (dengan tanda petik). Dengan begini Anda tak perlu lagi memilah data yang demikian banyak.

4. Gunakan tanda '+' atau '-' untuk lebih membatasi pencarian. Misalnya jika hendak membeli laptop seken dengan kemampuan hard disk 20 GB, Anda dapat mengetik : "laptop seken dijual" +20 GB.

5. Jika informasi yang dicari belum juga ditemukan, cobalah untuk mencari kata-kata lain yang mungkin digunakan. misalnya kata 'laptop' bisa diganti dengan kata 'notebook', atau kata 'seken' bisa diganti dengan kata 'second'. Peluang Anda untuk mendapat informasi yang dicari tentu lebih besar.

6. Terakhir, jika data yang dicari bukan halaman web melainkan format lain seperti gambar, audio atau video, Anda dapat menggunakan fitur-fitur tambahan yang khusus mencari format data yang dicari tadi.


Sumber: Kompas, 5 Maret 2006



Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Nulgath Secret Walkthrough