StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 30 January 2006, 16:27:32 GMT+7

GPRS dan Kegunaannya



GPRS (General Packet Radio Services) merupakan sistem yang dapat memberikan akses data secara paket kepada jaringan GSM. Teknologi ini terdapat pada sebagian besar perangkat ponsel keluaran terbaru yang beredar di pasaran saat ini. Ponsel-ponsel tersebut didesain secara spesifik agar dapat bekerja dalam jaringan yang ada. Jadi, GPRS lebih merupakan pelengkap, dengan kata lain sistem ini tidak akan menggantikan jaringan GSM yang ada sekarang. GPRS merupakan pengembangan lebih lanjut dari CSD (Circuit Switch Data). Secara teori, sistem ini dapat menyediakan kecepatan sampai 115 Kbps sedangkan CSD hanya 9,6 Kbps.

Teknologi GPRS disebut juga teknologi GSM fase 2+ sebelum teknologi 3G yang merupakan teknologi packet-switching. Jadi GPRS merupakan layanan akses data terbaru yang mampu memberikan koneksi data secara permanen kepada pengguna. Selain itu GPRS memungkinkan pengguna melakukan pembicaraan dan komunikasi data (Internet dan sebagainya) secara simultan. Sistem ini juga mempermudah pengguna ponsel menikmati layanan mobile data untuk mengakses berbagai jasa aplikasi yang sudah tersedia, seperti mencek e-mail, browsing, mobile banking serta jenis layanan lainnya. Anda juga bisa men-download berbagai jenis content, seperti ring tones picture messages, pada situs-situs WAP yang menyediakan jasa layanan tersebut.

Standar GPRS ini telah dikembangkan oleh beberapa vendor GSM seperti Alcatel, Ericsson, Lucent, Motorola, Nokia, Nortel dan Siemens. GPRS pertama kali diluncurkan untuk field trial pada tahun 1999 dan penggunaan secara meluas pada tahun 2000. Pada standar berikutnya akan dikembangkan feature baru yaitu kemampuan komunikasi point-to-multipoint.

Selain harus didukung oleh kemampuan ponsel, GPRS juga harus didukung oleh operator seluler, karena tidak semua operator seIuler mempunyai fitur GPRS pada jaringan GSM mereka. Di Indonesia, GPRS dipelopori oleh IM3 pada tahun 2001. Sistem GPRS lebih efisien dan murah jika dibandingkan dengan sistem CSD. Tarif penggunaan CSD dihitung berdasarkan pemakaian airtime ditambah biaya akses Internet, sedangkan dengan penggunaan GPRS, Anda hanya diharuskan membayar berdasarkan hitungan data yang diakses.

Sistem GPRS juga dapat digunakan pada PDA atau notebook yang terhubung dengan ponsel yang memiliki fasilitas infrared atau bluetooth. Dengan cara ini, Anda bisa melakukan koneksi Internet dengan leluasa tanpa membutuhkan saluran telepon analog. Menarik bukan? Apabila Anda memiliki ponsel dengan fitur GPRS dan ingin memanfaatkannya, Anda dapat memperoleh informasi mengenai kecepatan, cara setting maupun tarifnya dengan menghubungi operator seluler Anda. Selamat mencoba!


Sumber: CBN Newsletter, Edisi 1/III Juni 2003



Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Nulgath Secret Walkthrough