StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 11 January 2006, 16:32:58 GMT+7

Lindungi Email Anda dari Spamming



Kebutuhan e-mail saat ini merupakan hal yang penting dan tidak dapat dilepaskan dari kegiatan berinternet. Hampir semua orang yang mengenal internet pasti mempunyai e-mail address bahkan mempunyai lebih dari satu e-mail address, baik itu e-mail yang terdaftar di ISP atau dari situs yang memberikan fasilitas e-mail gratis. Hampir semua orang yang menggunakan e-mail pasti pernah mengalami masalah baik secara teknis ataupun nonteknis.

Dari sekian banyak masalah, ada satu masalah yang sangat mengganggu, yaitu junk mail atau e-mail sampah yang aktivitasnya disebut dengan "SPAM". Spam e-mail adalah mengirimkan suatu e-mail yang sama secara terus menerus ke penerima yang tidak menginginkan e-mail tersebut. Kebanyakan e-mail spam berisi iklan, penawaran dan lain sebagainya, sehingga memenuhi mailbox dan memperlambat proses download e-mail. Keterangan lebih lanjut mengenai spam dapat Anda lihat di http://spam.abuse.net/overview/whatisspam.shtml atau http://noc.cbn.net.id/spamming.php.

Banyak cara bagi para spammer (istilah bagi orang yang melakukan spam) mendapatkan alamat e-mail Anda, antara lain menggunakan program yang bisa mendapatkan alamat e-mail dari email yang diposting ke Usenet, mencarinya dari profile subscriber, menggunakan program web-crawler yang mencari alamat e-mail pada situs web, membelinya dari penyedia alamat email, mengambil informasi dari browser yang Anda gunakan saat Anda mengunjungi situs web mereka, dan terakhir bisa melalui virus internet.

Ada beberapa cara untuk menghindari spam dari sisi user, yaitu dengan cara tidak browsing ke situs-situs yang tidak aman (situs porno, situs software, situs penawaran), jangan memasukkan alamat e-mail utama pada situs yang meminta alamat e-mail Anda, jangan membuka link-link yang tidak jelas di internet, menggunakan software firewall atau sejenisnya, dalam hal ini software anti spam dan selalu melakukan update antivirus.

Sebenarnya, beberapa Webmail sudah menyertakan cara menanggulangi email spam dengan menyediakan fasilitas untuk memblok atau memfilternya. Selain itu, ada beberapa software yang dapat dipakai, baik software yang sifatnya freeware ataupun licensed untuk membantu dalam mengatasi masalah tersebut, seperti mailwasher, SaproxyPro, secretmaker dan banyak lagi yang bisa kita dapatkan di internet. Berikut adalah beberapa situs yang menyediakan software tersebut: www.mailwasher.net, www.statalabs.com, www.secretmaker.com, www.download.com, www.tucows.com dan sebagainya.

Dengan demikian Anda bisa melakukan pengecekan dan pengaturan e-mail, karena software ini menampilkan header dari e-mail yang ada di mailbox. Dari situ Anda bisa memfilter e-mail yang akan diterima sebelum men-download e-mail tersebut ke komputer, untuk menghemat waktu download e-mail yang tidak diinginkan. Selain itu, software-software ini juga dapat berfungsi sebagai pendeteksi e-mail yang efektif untuk penghapusan spam, jalan teraman untuk menghentikan penyebaran virus ke komputer kita.

Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Banner