StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 04 February 2009, 23:23:40 GMT+7

Mengecilkan Ukuran File PowerPoint



Apabila Anda sering berurusan dengan presentasi, bisa dipastikan Anda akan sering memakai aplikasi perkantoran dari M$ Office bernama M$ PowerPoint. Saya sering melihat betapa borosnya orang memakan free space yang ada di hard disk dengan memasukkan gambar-gambar foto ke dalam presentasi PowerPoint (PPT). Bayangkan, bagaimana bisa sebuah presentasi yang isinya hanya puluhan slide tapi bisa berukuran puluhan mega? Saya pernah melihat sebuah PPT berisikan 23 slide dengan ukuran sekitar 12MB. Ketika saya terapkan metode yang akan saya jelaskan dalam artikel di bawah, saya berhasil menyusutkan ukurannya hingga 564KB! Itu berarti metode saya bisa menekan ukuran PPT hingga lebih dari 100%!

PPT yang besar sangat rakus dengan ruang hard disk (atau device storage yang lain), belum lagi waktu pemuatan (loading) yang sangat lamban. Apalagi, jika Anda ikut seminar/ workshop di mana Anda ingin menyalin file-file PPT dari para pembicara, mungkin saja thumbdrive 1GB Anda tidak mencukupi. Maka, metode pemasukan gambar yang saya tawarkan di sini bisa menjadi solusi untuk semua orang.

Mari kita langsung praktikkan metode saya ini.

Pertama, ada beberapa cara untuk memasukkan gambar ke dalam slide PPT. Anda bisa lakukan copy paste dari slide PPT lain, aplikasi penyunting gambar, atau aplikasi lainnya. Bisa juga dengan memasukkan file gambar dengan menggunakan menu Insert->Picture->From File… Apa pun cara yang Anda pilih, tidak pengaruh untuk tahap ini. Intinya, Anda masukkan dulu saja gambar Anda di sini.

Kedua, lakukan manipulasi gambar di M$ PowerPoint, bila diperlukan. Apabila ukuran gambar yang Anda masukkan terlalu besar, kecilkan dulu sesuai keperluan. Apabila perlu, lakukan cropping dengan tools yang disediakan oleh M$ PowerPoint. Apabila sudah selesai, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Ketiga, klik gambar yang sudah dimasukkan dan dimanipulasi tadi, lalu simpan ke memori clipboard, alias di-cut dengan cara menggunakan menu Edit->Cut atau dengan menggunakan jalan pintas [Ctrl] + X.

Keempat, nah di sinilah inti dari metode saya, gambar yang ada dalam memori clipboard jangan langsung di-paste ke dalam slide. Akses menu Edit->Paste Special. Maka sebuah kotak dialog akan muncul. Umumnya, akan tersedia daftar bagaimana Anda akan mem-paste objek yang ada dalam memori clipboard (saat ini yang ada di situ adalah gambar Anda). Pilih Picture (JPEG), lalu klik OK.

Lakukan langkah pertama hingga keempat secara urutan yang tersebut untuk gambar-gambar lainnya. Anda akan mendapati ukuran PPT Anda akan menyusut secara signifikan.

Jadi, intinya adalah jangan memasukkan gambar foto-foto secara serampangan ke dalam PPT kecuali bila Anda gak sayang space hard disk dan punya duit banyak untuk beli hard disk baru dan turut serta mensukseskan global warming dengan membuang peralatan elektronik yang tidak terpakai karena mungkin hard disk Anda nyerah dan akhirnya crash. Prinsip metode ini adalah masukkan gambar JPEG. Bahkan, prinsip ini tetap bisa berlaku, apabila Anda memasukkan foto JPEG yang ukuran aslinya terlalu besar. Selamat mencoba dan semoga berhasil dan sukses dengan presentasinya.

Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Banner