StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 26 November 2006, 13:27:18 GMT+7

Teknologi Storage Area Network (SAN)



Pada edisi ini, selain dijelaskan lebih lanjut mengenai salah satu teknologi storage, yaitu Storage Area Network, juga terdapat gambaran beserta referensi dan buku-buku yang berkaitan dengan teknologi ini, agar Anda memperoleh informasi yang lebih lengkap.

SAN atau Storage Area Network, merupakan sebuah jaringan berkecepatan tinggi yang ditujukan untuk keperluan khusus, yaitu menghubungkan beberapa jenis storage dengan server sehingga dapat digunakan oleh beberapa user secara bersama. Jaringan Storage Area Network ini sebaiknya dibedakan dengan jaringan LAN/WAN yang biasa kita gunakan. Hal ini bertujuan agar komunikasi data storage tidak mengganggu jaringan yang ada.

Storage Area Network tersambung dengan menggunakan teknologi Fibre Cbannel, yang merupakan teknologi komunikasi data berkecepatan tinggi. Saat ini sudah ada protokol baru yang bisa digunakan yaitu iSCSI atau IP-based SANs yang banyak digunakan, dengan pertimbangan performa dan harga yang jauh lebih murah dibanding Fibre Channel.

Dalam Storage Area Network, kita dapat mengkombinasikan Network Attached Storage dan Direct Attached Storage secara bersama-sama. Sehingga kita dapat menggabungkan sebuah redundant network storage yang expandable dan berkecepatan tinggi sekaligus dengan akses ke block-level yang cepat seperti yang kita dapatkan jika menggunakan Direct Attached Storage.

Dengan Storage Area Network, kita juga dapat mengaturnya secara terpusat beserta kemampuannya untuk mengubah kebutuhan alokasi data secara realtime. Storage Area Network tetap memiliki kekurangan, yaitu sebagai pilihan yang paling mahal dan rumit, tetapi Storage Area Network dapat menyediakan solusi yang tidak bisa ditemukan pada teknologi yang lain.

Dalam memilih teknologi storage, Anda harus mempertimbangkan antara lain: harga, reliabilitas, performa, skalabiliti, kemampunan disaster recovery, kemudahan dalam instalasi, implementasi dan pemeliharaan, sistem storage management, kredibilitas vendor, serta integrasi dengan sistem yang sedang berjalan.



Berikut adalah gambar Storage Area Networks dengan Fibre Cbannel. Untuk mengenal teknologi ini lebih lanjut, Anda dapat membaca beberapa referensi dari Internet maupun buku-buku yang membahas teknologi ini. Dengan demikian, Anda bisa memilih teknologi storage mana yang menurut Anda paling efisien, menguntungkan bagi kinerja perusahaan Anda, memperlancar kelangsungan bisnis, meningkatkan produktivitas, menekan investasi serta mempercepat kembalinya investasi.

Referensi URL mengenai teknologi Storage Area Network:
- http://www.nas-san.com
- http://www.dothill.com/tutorial/tutorial.swf
- http://www.nwfusion.com/topics/sans.html
- http://www.intel.com/design/network/solutions/san/
- http://www.webopedia.com/TERM/S/SAN.html
- http://en.wikipedia.org/wiki/Storage_area_network

Buku-buku yang membahas mengenai teknologi Storage Area Network:
* Storage Area Networking Essentials:
A Complete Guide to Understanding Implementing SANs

by Richard Barker, Paul Massiglia
* Designing Storage Area Networks:
A Practical Reference for Implementing Fibre Channel and IP SANs, Second Edition

by Tom Clark
*IP SANS:
An Introduction to iSCSI, iFCP, and FCIP Protocols for Storage Area Networks

by Thomas Clark, Tom Clark

Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Nulgath Secret Walkthrough