StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 17 January 2006, 16:38:30 GMT+7

Secure POP3 di Area Wireless Hotspot



Seiring dengan perkembangan dunia - IT dan kebutuhan fleksibilitas pengiriman data, kebutuhan akan keamanan data yang dikirimkan via Internet pun meningkat. Saat ini juga berkembang tren hotspot di area publik seperti di hotel, mal, dan sebagainya, sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi wireless.

Bila kita berada di area publik yang sudah menyediakan fasilitas hotspot, kita dapat dengan mudah mengirimkan berbagai jenis data, misalnya pengiriman data password melalui autentifikasi proses yang kita lakukan, pengiriman pesan e-mail, transaksi online lewat Internet dan juga pengiriman konfirmasi data penting lainnya yang juga dikirimkan melalui email. Hal ini tentu saja membutuhkan suatu kepastian akan keamanan data yang kita kirimkan tidak dapat dicuri ataupun di-sniff oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab yang pada saat bersamaan berada di area hotspot, yang sama dengan kita.

Solusi untuk masalah ini, bisa dengan menerapkan metode pengenkripsian untuk setiap data yang kita kirimkan, agar tidak mudah dibaca dan diambil oleh orang yang bermaksud jahat. Hal ini dapat dilakukan dean menggunakan protokol cryptography SSL (Secure Socket Layer) dan TLS (Transport Layer Security) yang dapat mengamankan setiap transaksi data yang kita lakukan, baik melalui e-mail maupun melalui web browser.

Protokol SSL pada mulanya dikembangkan oleh Netscape, dengan tujuan untuk memastikan keamanan data yang dikirimkan melalui beberapa aplikasi layer seperti HTTP atau POP3 dapat lebih terjamin keamanannya. SSL yang memanfaatkan TCP sebagai komunikasi layer menyediakan koneksi point-to-point dan juga sistem autentikasi yang aman antara server dan workstation yang kita gunakan melaluii teknologi cryptography. Dengan munggunakan SSL, ketika software e-mail yang kita gunakan tengah mendownload ataupun mengirim e-mail, maka password dan isi e-mail kita sudah di-encrypt, sehingga tidak lagi dalam bentuk clear-text (plain-text) tapi dalam format yang sudah diacak (scramble). Hal inilah yang menjadikan tingkat keamanan e-mail kita yang menggunakan SSL menjadi jauh lebih aman dari e-mail yang tidak menggunakan SSL.

Penggunaan SSL sangat direkomendasikan apabila kita tengah berada di area wireless dan tentu saja hal ini dapat juga dilakukan di mana pun selain di area wireless dengan maksud dan tujuan yang sama. Hanya saja area wireless atau hotspot memang jauh lebih rentan, karena koneksi Internet kita yang di-share dengan orang yang tidak kita kenal dengan pasti.

Kita dapat menggunakan e-mail software yang sudah compatible dengan SS/TLS, seperti Outlook Express 6.x, 5.x, Outlook 2000, 2002, 2003, Netscape 7.x, Eudora 5.x dan 6.x serta Thunderbird 1.0.2, dan bagi pengguna Macintosh dapat menggunakan Mac OS X Mail 10.3, 10,1 serta Thunderbird 1.0.2.

SSL bekerja pada layer di bawah protokol aplikasi seperti HTTP, SMTP, NNTP dan lain sebagainya, juga di atas protokol transport TCP, yang merupakan bagian dari protokol TCP/IP. Sehingga SSL dapat menambahkan fungsi security pada setiap protokol yang menggunakan TCP. Dalam prakteknya biasanya banyak digunakan oleh aplikasi seperti HTTP yang menjadi HTTPS setelah menggunakan SSL, POP3 menjadi POP3S dan IMAP menjadi IMAPS dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada bagan berikut:

==================================================
| Application Layer  | POP3 - HTTP - IMAP - SMTP |
| Network Layer      | SSL                       |
|                    | TCP/IP                    |
==================================================


Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Banner