StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 06 February 2006, 18:25:56 GMT+7

Investasi dan Hobi


Oleh: Elvyn G Masassya, Praktisi Keuangan


Pernah mendengar ada orang-orang yang tiba-tiba menjadi kaya raya, kendati tidak melakukan investasi apa pun? Sebagian dari Anda mungkin mengatakan ya. Sebagian lagi mungkin akan terheran-heran, apa benar bisa seperti itu.

Bagi yang percaya sekalipun, mungkin akan mengatakan hal itu bisa terjadi karena yang bersangkutan mendapat warisan atau malah mendapat lotere. tapi, yang dimaksud dalam tulisan ini hukan seperti itu.

Menjadi kaya raya tanpa investasi sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja. Artinya, apa yang dilakukan pada awalnya bukanlah investasi, namun kegiatan tersebut ternyata bermakna investasi. Apa konkretnya?

Setiap orang pasti memiliki hobi, termasuk misalnya hobi mengoleksi lukisan. Jika hobi ini dilakoni dengan baik, dalam arti mengoleksi lukisan-lukisan yang bagus, maka suatu ketika lukisan tersebut akan sangat mahal dan menjadi suatu investasi. Itu satu contoh. Contoh lain, para penggemar barang antik, keramik misalnya. Hobi sernacam ini pun sesungguhnya memiliki hakikat investasi. Selain itu, masih sangat banyak hobi lain yang pada dasarnya merupakan investasi tanpa disadari.

Mungkin Anda akan beranggapan hobi yang bisa menjadi investasi membutuhkan modal cukup besar. Jawabannya adalah ya dan tidak. Ya, jika hobi Anda memang terhadap barang-barang yang sejak dari sananya sudah berharga mahal, seperti lukisan dan barang antik, misalnya, kendati tidak semua barang lukisan dan harang antik termasuk barang mahal. Nilainya tergantung kapan dan di mana Anda membeli barang-barang tersebut. Namun, cukup banyak jenis hobi yang bisa menjadi investasi tanpa membutuhkan modal besar. Apa misalnya?

Tentu Anda pernah mendengar ada orang yang gemar bertanam bonsai, melakukan berbagai modifikasi dan kemudian bonsai tersebut diminati banyak kalangan dan bisa menjadi sangat mahal. Inl salah satu contoh betapa sebenarnya tidak senua hobi yang berbuah investasi mesti bermodal besar. Atau jika Anda senang mendengar musik dan mengoleksi bermacam album musik, bukan tidak mungkin yang pada waktu mendatang koleksi album Anda nenjadi barang langka dan harganya juga bisa menjadi sangat mahal

Contoh lain malah investasi yang sama sekali tidak perlu mengeluarkan modal apa pun. Apa contohnya? Anda memiliki kesukaan bernyanyi, misalnya? Dengan modal semacam ilu saja, jika Anda mampu melatih suara Anda, maka suara tersebut bisa menjadi "uang". Itukan sekadar memjadi penyanyi, tetapi Anda juga bisa menjadi pengisi suara di berbagai film animasi, mengisi iklan radio dan sehagainya.

Menjadikan investasi
Sekarang pertanyaannya, bagaimana agar hobi kita bisa benar-benar menjadi investasi ? Beberapa kiat yang mungkin bisa Anda pertimbangkan adalah, pertama, Anda mesti sungguh-sungguh dalam menjalankan hobi tersebut.

Sebagai contoh, katakanlah Anda penggemar musik, maka pengetahuan Anda tentang musik mesti sangat dalam sehingga Anda bisa memilih album-album musik yang memiliki "nilai" kelangkaan.

,lika Anda penggemar musilc jazz, koleksi album jazz Anda tentu mesti cukup lengkap. Di sisi lain Anda juga sebaiknya bergabung dengan komunitas penggemar nusik jazz sehingga bisa bertukar informasi tentang berbagai album dan bahkan bisa menjadikan komunitas itu sehagai tempat Anda "mendulang uang" melalui penjualan album-album langka yang Anda miliki yang mungkin diminati orang lain.

Kedua, Anda sebaiknya merawat koleksi abum Anda dengan baik. Sebab, album-album langka sekalipun jika sudah tidak diminati tentu saja tidak akan berharga tinggi. Dengan kata lain selayaknya Anda memberi perhatian khusus terhadap album-album tersebut jika Anda ingin menjadikannya sebagai investasi.

Ketiga, sebaiknya Anda dalam berbagai kesempatan sebaiknya terus-menerus menambah koleksi album musik Anda tersebut, tidak mesti album baru, tetapi bisa album lama yang mungkin Anda temukan di pasar barang bekas atau di daerah tertentu yang Anda kunjangi.

Bagi mereka yang tidak menyukai, boleh jadi album tersehut tidak herharga. Namun, jika Anda memiliki pengetahuan yang memadai tentang musik, Anda tentu akan mengetahui album tersebut merupakan barang langka yang berharga yang malah bisa Anda peroleh dengan harga murah.

Ringkasnya, ada banyak cara untuk menjadi kaya. Salah satunya adalah melalui hobi yang memiliki muatan investasi. Oleh karena itu, jika saat ini memiliki hobi sebagaimana dipaparkan di atas dan Anda belum menyadari hal itu bisa sebagai investasi, sebaiknya renungkan kembali dan lakukan hobi Anda itu secara lebih serius. Siapa tahu suatu ketika hobi itu memang akan memberikan dampak finansial luar biasa kepada Anda. Selamat mencoba.


Sumber: Kompas



Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Banner