StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  


Follow - Monx007
Article Time Stamp: 27 December 2008, 22:11:18 GMT+7

Pengobatan Alami Alternatif Untuk Psoriasis




Definisi Psoriasis secara sederhana adalah penyakit yang tandanya berupa bercak kemerahan ( eritema ), berbatas tegas dengan lapisan kulit yang terkupas ( skuama). Penyebabnya sampai saat ini dianggap sebagai suatu penyakit autoimun. Disini tidak akan dibahas mengenai penyebab secara mendalam / ilmiah dari Psoriasis tapi mencoba melalui pendekatan alami untuk Psoriasias. Kenapa yang bersifat alami sangat penting? Karena satu hal saja : gaya hidup. Psoriasis dan penyakit metabolik lain seperti hipertensi, jantung dan Diabetes, dalam dekade terakhir cenderung meningkat . Ini disebabkan gaya hidup masyarakat yang menjadi lebih "makmur", sehingga pola makananpun ikut berubah.

Bayangkan pada 30 atau 40 tahun yang lalu, mau makan hidangan yang mengandung daging saja, mungkin sebulan sekali. Sekarang yang penting ada uang, tersedia fast food ayam merek terkenal, hamburger atau hotdog merek terkenal. Juga pasti dulu tidak ada softdrink import, yang ada lemonade buatan lokal. Apalagi tidak ada penyedap rasa instan, yang ada bumbu dapur dari rempah rempah, belum lagi adanya mie instant, makanan ikan kalengan, daging kalengan, buah kalengan dan sebagainya yang kesemuanya itu tentu saja memakai pengawet untuk mempertahankan kesegaran dan bahkan ada yang memakai pewarna buatan untuk supaya kelihatan segar.

Belum lagi wadah tempat makanan makanan itu ditempatkan. Jaman dulu kalau mau beli makanan berkuah yang panas, kita akan membawa rantang sendiri, atau wadah logam atau alumunium lainnya. Tapi sekarang sudah tersedia kantong plastik,styroform dan lain-lain. Pernah kah dibayangkan apa yang terjadi jika kantong plastik terpapar dengan cairan panas untuk jangka waktu tertentu? Unsur unsur kimia dalam plastik yang merupakan racun bagi tubuh akan terurai dan masuk dalam tubuh kita. Mungkin itu dalam jumlah kecil tidak akan berakibat pada tubuh kita, bagaimana kalau itu berlangsung ber hari-hari, ber minggu-minggu, ber bulan-bulan dan tahunan ? Maka racun itu pun akan terakumulasi dalam tubuh kita dan timbullah gejala penyakit. Gejala ini sudah terlihat pada penyakit Diabetes. Ternyata banyak sekarang penderita Diabetes dalam riwayat keluarganya tidak ada yang menderita Diabetes. Kenapa bisa terjadi seperti itu ? Jawabannya ada pada gaya hidup. Sebagian besar Penderita Diabetes tersebut menganut pola makan yang berlebihan, baik berlebihan lemak, atau gula, sehingga insulin kesulitan dalam merespon jumlah makanan yang masuk dalam tubuh, berakibat gagalnya insulin bekerja atau diproduksi dan timbullah gejala klinis Diabetes.

Bagaimana dengan Psoriasis kita ? apakah pola makanan kita berpengaruh?. Tulisan tulisan baik dari majalah atau internet memperlihatkan bahwa pada penderita yang menjalankan diet tertentu, terjadi perubahan klinis yang berarti dalam penyembuhan Psoriasis. Diet diet itu kebanyakan berdasar pada diet alami . Inilah yang disebut Terapi Alami Alternatif untuk Psoriasis

Dasar dari pengobatan alternative ini adalah
1. Membersihkan racun dalam tubuh yang terkumpul dalam tubuh
2. Hindari memakan bahan-bahan beracun untuk Psoriasis

Caranya dengan melakukan prinsip terapi dibawah ini
1. PEMBERSIHAN DALAM TUBUH
2. DIET
3. TEH HERBAL KHUSUS
4. BERPIKIR POSITIP


1. PEMBERSIHAN DALAM TUBUH

Pembersihan Usus besar
Secara normal kita harus membersihkan usus besar kita dari sampah-sampah makanan, setiap hari. Jika tidak dapat melakukan secara alami ada cara-cara yang dianjurkan untuk melakukan pembersihan ini. Baik itu dilakukan sendiri di rumah ( Home enema ), atau oleh-oleh tenaga Profesional, yaitu High Colon Irrigation. Tindakan ini sebaiknya dilakukan oleh tenaga professional dalam melakukan High Colon Irrigation, yaitu Colon terapi yang sekarang banyak di Jakarta.


Diet 3 hari dengan apel
Selama 3 hari hanya boleh konsumsi apel. Per hari di anjurkan 6 s/d 8 apel, boleh di jus atau dimakan sebagai apel potong. Pada sore hari dianjurkan lakukan colon terapi, dan minum sesendok makan minyak zaitun murni sesudahnya. Minyak zaitun boleh diminum tanpa atau dengan jus apel.


Pada hari ke 3, tambahkan minum yogurt pada sore hari. Pada orang yang alergi dengan apel, boleh diganti dengan jus wortel, selama 3 hari hanya mengkonsumsi jus wortel. Di anjurkan sebelum memulai diet ini di lakukan program pembersihan tubuh 3 hari (Lihat keterangan di bawah).


Lakukan sauna atau steam bath
Ini dilakukan untuk mngeluarkan racun dalam tubuh melalui pori pori kulit. Dianjurkan 30 menit sebelum steambath, minum segelas teh herbal yang terbuat dari daun Saffron


Latihan
Latihan atau olahraga jangan dilupakan. Lakukan olah raga apa saja, yang penting tubuh bergerak dan pori-pori kulit dapat bernapas dan melakukan fungsi pembuangan dengan lebih baik. Bisa dalam ruangan, maupun luar ruangan. Buat yang Psoriasis arthritis lakukan olah raga "low impact" seperti renang.



2. DIET

Keseimbangan Asam Basa dalam tubuh
Kita harus menjaga tubuh kita dalam keadaan PH basa (PH sekitar 7,3 – 7,5), itu berarti makanan harian harus terdiri dari 80% pembentuk basa dan hanya 20% makanan pembentuk asam, dan ini harus ditekankan pada diri kita, diet ini berlaku terus seumur hidup!!!


Apa sajakah makanan pembentuk basa dan pembentuk asam ?
Makanan Pembentuk Basa ( 80% dari makanan harian ). HAMPIR SEMUA BUAH adalah pembentuk basa kecuali beberapa tipe buah, yakni Cranberries, Currant, Prune besar, Plums dan Blueberies.

Dianjurkan buah-buah dimakan segar atau di jus. Tapi diingatkan untuk jangan makan berlebihan, karena buah yang manis kalau dimakan terlalu banyak, berakibat gula yang ada disimpan didalam tubuh sebagai lemak.

Buah buahan berikut harus diberi perhatian khusus :
- Strawberi, buah kelompok jeruk dan Jus jeruk harus dihindari pada penderita Psoriasis Arthritis, atau pada penderita yang hipersensitif dengan buah-buah itu. Alpukat harus dihindari pada penderita dengan kadar asam urat tinggi.
- Apel, melon dan pisang jangan dimakan bersama dengan makanan lain, misalnya dengan salad buah, sereal dan lain-lain. Buah buahan ini dianjurkan dimakan tersendiri sesudah makan.
- Buah kelompok jeruk, seperti oranges, grapefruit, lemon, limes, kumquat, tangerines, mandarins, pomelo, pummelo, shaddock, tangelo, citrangedin dan bentuk jus dari buah-buah ini, jangan dimakan bersama dengan makanan berbahan gandum, tepung putih atau produknya seperti sereal, roti, muffin, Pancake, susu, telur, keju, yoghurt, keju dan lain-lain.

Sayuran. Hampir semua sayuran adalah pembentu basa, kecuali beberapa adalah pembetuk asam, seperti:
Kacang-kacang polong (kacang kering dan peas, kidney, pinto, kacang hitam dan navy beans, black eyed, split and chick peas), Lentils dan sayuran berikut, jagung matang, jagung kering, rhubarb, labu kuning (Hubbard, Acorn, butternut) dan tauge.

Walaupun sayur-sayuran jenis ini adalah pembentuk asam dalam tubuh, mereka dapat dikonsumsi dalam jumlah yang kecil.

Dianjurkan mengkonsumsi sayuran yang tumbuh diatas tanah sebanyak 3 bagian seperti : slada, seledri, bayam, brokoli dan lain-lain dan 1 bagian yang tumbuh dibawah tanah, sperti : wortel, bit, kentang manis, bawang, lobak dan lain-lain. Hindari sayuran tertentu seperti: Tomat, tembakau, terong, kentang putih, lada dan paprika.

Penyajian sayuran sebaiknya dalam bentuk mentah / lalap sesudah dibersihkan benar dari kemungkinan terkontaminasi pestisida. Ada beberapa sayur yang mesti di masak untuk di konsumsi, dalam hal ini dapat di rebus, kukus atau di tumis. Tumis di perbolehkan, karena walau menggunakan minyak goreng, tapi hanya dalam jumlah kecil. Sayuran jangan dimasak santan.

Sebaiknya sayuran dan buahan diambil dari pertanian organik.

Berikut adalah aturan dan tindakan yang dapat meningkatkan ke basaan PH tubuh kita dan oleh karena itu layak ditambahkan dalam diet dan gaya hidup kita :

- Butiran Lecitin , tambahkan kedalam makanan atau minuman
- Jeruk peras segar ke dalam segelas air hangat atau dingin. Banyak orang menemukan cara ini sebagai pengganti yang baik dari segelas kopi atau teh. Ini tidak hanya membentuk basa dalam tubuh, tapi membantu membantu proses pembersihan bagian dalam tubuh.
- Konsumsi jus buah buahan yang bergizi seperti : anggur, pear, papaya, apricot, jambu, mangga dan nenas
- Kombinasikan jus grapefruit atau orange dengan jeruk peras segar atau lemon
- Konsumsi buah buahan segar atau yang direbus
- Konsumsi sari jus wortel, seledri, bit, parsley, slada Roma dan bayam. Bawang dapat dipakai sebagai pembersih
- Lakukan olah raga terutama olah raga di luar ruangan
- Buang air besar lancar, minimal 1-2 x /hari
- Berpikiran positip seperti : percaya diri, mencintai alam, punya rasa humor, tertawalah jika perlu, kemampuan memaafkan dan lain-lain
- Teteskan 3 – 5 tetes Glyco-Thymoline dalam segelas air putih, sebelum istirahat, 5 hari perminggu


Makanan pembentuk asam

Makanan pembentuk asam ini sebaiknya dikonsumsi hanya sebanyak 20% dari diet harian kita. Ini kebanyakan terdiri atas: protein, pati, gula, dan lemak. Kombinasi dari makanan-makanan ini dalam jumlah besar menyebabkan komposisi Ph dalam darah menjadi asam dan sebagai akibatnya memicu Psoriasis. Daging, gandum, keju, gula, kentang, kacang kapri kering dan kacang kacangan yang lain, lemak, mentega, krim dan daging olahan adalah makanan yang paling utama penyebab asam dalam tubuh. Makanan makanan ini dalam sistim pencernaan kita membutuhkan lebih banyak asam untuk dihancurkan dan dicerna serta diserap tubuh. Dan sampah yang ditinggalkan jenis makanan ini disebut sampah asam

Makanan pembentuk asam, walaupun hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil dalam diet kita (20%), tapi tetap diperlukan dan merupakan bagian penting untuk pertumbuhan, perbaikan kerusakan jaringan tubuh dan perkembangan dari tubuh sendiri.

Dibawah ini adalah contoh pembentuk asam dan harus dihindari sebisa mungkin :
- Kombinasi terlalu banyak makanan pembentuk asam pada saat yang sama: Tepung dengan gula, protein dengan daging, daging atau lemak dengan gula, terlalu banyak makanan mengandung tepung
- Konsumsi gula putih (tebu) atau produknya
- Hampir semua tipe cuka, terutama cuka anggur dan cuka beras
- Konsumsi makanan yang mengandung pengawet, rasa buatan, pewarna buatan dan penambah makanan
- Junkfood atau makanan cepat saji
- Penggunaan penyedap masakan seperti mono sodium glutamate dan sebagainya
- Minuman alkohol
- Merokok
- Penyalahgunaan obat
- Konstipasi
- Tidak aktif baik secara fisik maupun mental
- Perasaan/emosi negatip seperti perasaan inferior, takut, tidak aman, cemas, iri, dendam dan pikiran yang merusak pada umumnya.

Berikut adalah makanan yang boleh di konsumsi sebanyak 20% dari diet:

Ikan
Ikan laut sangat di anjurkan karena kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi, dan banyak mengandung vitamin, mineral dan protein. Sumber Omega 3 terbaik ada pada ikan salmon, sardine, albacore putih. Konsumsi ikan segar yang mengandung Omega 3 ini lebih baik dibanding food suplemen Omega 3 dalam berbagai bentuk. Secara umum hampir semua ikan baik untuk dikonsumsi terutama yang dagingnya berwarna putih segar dan hidup di lautan dalam. Yang dihindari untuk dikonsumsi adalah ikan bercangkang seperti : lobster, udang ,kepiting, kerang, keong dan cumi, baik dalam bentuk segar maupun dalam bentuk proses seperi saus yang mengandung udang atau kepiting.

Hindari juga ikan yang sudah diawetkan dalam bentuk ikan asin, asap atau ikan kering. Ikan- ikan yang disebut diatas boleh dikonsumsi sebanyak 20% dari makanan harian kita dan dianjurkan dalam bentuk dipanggang, rebus atau di kukus. Jangan digoreng, apalagi dibikin kuah/gulai santan.

Unggas
Ayam dibolehkan untuk dikonsumsi dalam hal ini ayam kampung. Yang baik untuk dikonsumsi adalah bagian yang banyak serat protein seperti bagian dada, tidak dianjurkan bagian paha dan kulit ayam karena mengandung kadar lemak yang tinggi. Seperti ikan, ayam juga baik untuk di konsumsi dalam bentuk panggang, rebus atau kukus. Jangan digoreng.

Daging merah
Semua hewan daging merah seperti sapi, kambing, babi dan jeroannya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Pengecualian untuk daging domba yang boleh dikonsumsi, karena dagingnya yang mudah dicerna dan mengandung protein yang tinggi.

Tidak dianjurkan termasuk juga bentuk proses dari daging ini seperti sosis, ham, bakso, corned beef dan lain-lain.

Susu
Susu yang boleh dikonsumsi yang jenis rendah lemak, bahkan tanpa lemak (low atau non fat). Dianjurkan konsumsi susu kambing dan susu kedele.

Biji bijian
Kurangi konsumsi semua roti putih dan produknya (seperti sereal, crackers, cookies, cake, pie ), pasta, mie, nasi putih, pizza dan lain-lain, dan yang dianjurkan adalah roti gandum, nasi merah, jagung, havermuth.

Gula/Pemanis
Di anjurkan gula dari daun stevia dan madu murni. Tidak dianjurkan gula tebu/gula pasir/gula putih karena pemakaian tebu dicurigai telah terkontaminasi dengan pestisida dan pemakaian pemutih pada proses akhirnya. Sangat tidak dianjurkan pemanis buatan, karena walaupun dikatakan aman pemakaian jangka panjang dapat mempunyai efek samping pada kesehatan.

Minuman
Sudah jelas air putih adalah yang paling utama dalam pembersihan sel-sel tubuh kita, reaksi biokimia tubuh, sebagai media perantara/transport dalam berbagai proses extra dan intrasel dan juga berfungsi sebagai pelumas dan pengatur suhu tubuh dengan mengatur penguapan melalui paru paru dan kulit.

Juga dalam air, larut mineral-mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Berapa kebutuhan tubuh kita akan air? Ini tergantung dengan cuaca dan aktivitas seseorang, seorang yang sangat aktif seperti atlit, tentu membutuhkan lebih banyak air dari seorang pekerja kantor. Atau seseorang yang sedang sakit seperti diare, demam, muntah-muntah tentu perlu perlu lebih banyak air. Tapi rata rata kebutuhan air sesorang adalah minimal 2 liter yang bisa didapatkan dalam berbagai bentuk seperi air murni , sup, jus atau makanan harian.

Walaupun masih dianggap kontroversi, konsumsi air yang sudah di ubah menjadi bentuk hexagonal dapat dikonsumsi. Dianjurkan juga untuk tidak banyak minum pada waktu makan, tapi minumlah yang banyak 30 menit sebelum makan. Tidak dianjurkan softdrink, minuman beralkohol, kopi dan teh instant.



TEH HERBAL KHUSUS

Beberapa teh herbal dibawah ini dianjurkan untuk penderita Psoriasis :

- Teh daun saffron (carthamus tinctorius). Dianjurkan diminum malam sebelum tidur. Fungsinya sebagai pebersihan sisitim pencernaan kita
- Teh daun slippery elm bark (ulmus fulva)
- Teh daun chamomile (anthemis nobilis)
- Teh biji semangka



MEMBERSIHKAN TUBUH SELAMA 3 HARI
Salah satu cara untuk membantu penyembuhan suatu penyakit adalah dengan atau melalui pembersihan tubuh selama 3 hari. Keuntungan melakukan hal ini :

1. Membersihkan lendir-lendir di dalam tubuh yang menyebabkan penyakit
2. Tubuh diberi kesempatan membangun kembali sel-sel tubuh yang rusak
3. Membantu pembuangan alat-alat dalam tubuh
4. Baik untuk penderita kegemukan, karena program ini dapat menurunkan kolesterol badan dan berat badan

Bahan pangan utama yang terbaik untuk program ini adalah apel. Tapi karena di negara kita apel masih merupakan bahan pangan yang mahal, boleh bahan utamanya diganti wortel.

Hari Pertama :

Mulailah pagi hari dengan 1-2 gelas jus papaya yang berguna sebagai pencahar. Sesudah itu mulailah dengan jus wortel. Kira kira dalam sehari yang diminum 3 liter jus wortel. Jus wortel ini diminum segelas (kira kira 400 cc -500 cc) setiap 1 atau 2 jam. Diantaranya boleh diselingi dengan minum air putih. Kalau bosan selama seharian dengan jus wortel, boleh diselingi dengan jus apel,semangka, mentimun atau melon. Jus tidak boleh dicampur dengan pemanis, sekalipun yang alami. Jika belum terbiasa dengan jus wortel, minumlah sedikit demi sedikit, tetapi lebih sering. Selama mengadakan pembersihan tubuh ini tidak boleh memakan sesuatu apapun.


Hari kedua :

Sama dengan hari pertama.

Pada hari kedua ini agar ada serat dalam usus, makanlah 1 batang wortel rebus atau 1 buah apel perhari dan minumlah minyak zaitun tiga kali sehari satu sendok teh (15 cc). Minyak zaitun ini berfungsi sebagai pelumas kerongkongan dan usus.

Pada hari kedua ini seharusnya sudah ada proses pembuangan air besar jika pada hari pertama belum ada. Tetapi jika pada hari kedua ini belum juga ada proses buang air besar, dapat dilakukan enema, sebaiknya dilakukan oleh yang ahli, kalau tersedia colon terapi, boleh dilakukan.


Hari ketiga

Sama dengan dua hari sebelumnya, cuma pada hari ke tiga ini pagi hari sudah tidak perlu minum jus papaya. Sebatang wortel rebus atau sebuah apel tetap boleh dikonsumsi pada siang hari dan minyak zaitun tetap juga diminum tiga kali sehari satu sendok teh.

Pada malam hari sudah boleh memakan makanan padat. Yang dianjurkan seporsi nasi merah dan seporsi aneka sayuran kukus atau rebus.



Penyusun:
Valy Ongan


Sumber tulisan:

1. Dr.John O.A.Pagano, Healing Psoriasis
2. Andang Gunawan, Food Combining
3. DR. R.A.Nainggolan, Diet & Juice terapi
4. Harper’s Review of Biochemistry

Article Source: Monx Digital Library

Copyrighted@ Monx Digital Library, otherwise stated
Use of our service is protected by our Terms of Use



 Back To Previous Page ...  



 

 

 

AQWorlds Banner